KPKNL Pontianak
Berita DJKN

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Kekayaan Negara: Satker Kementerian Keuangan Harus Menjadi Contoh

Selasa, 19 Februari 2019   |   140 kali

Pontianak – KPKNL Pontianak mengadakan acara bertajuk Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Revaluasi Aset dan Pelaporan Wasdal BMN Tahun 2018. Acara yang mengundang seluruh satker-satker dari Kementerian Keuangan ini diadakan di Aula Kanwil DJKN Kalbar pada 19 Februari 2019. “Kita awali dari internal Kementerian Keuangan dahulu, karena kita harus menjadi contoh pengelolaan BMN yang baik”, ucap Kakanwil DJKN Kalbar, Edih Mulyadi dalam pembukaan acara tersebut.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ini menekankan tiga hal yang hendak dicapai terkait Pengelolaan Kekayaan Negara. Pertama, Mencermati kembali Revaluasi Aset yang telah dilakukan dua tahun terakhir 2017-2018. Menurut Kakanwil, secara umum hasil revaluasi sudah diterima oleh BPK, namun perlu ada verifikasi dan validasi kembali guna penyempurnaan dan kepastian data terutama terhadap aset berupa bangunan.

Selain itu, terhadap adanya rencana pengasuransian BMN yang nantinya akan dimulai dari aset Kementerian Keuangan harus ada kepastian dan kecocokan data antara barang dengan basis data yang tercatat. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kepastian nilai yang akan diasuransikan.

Kemudian yang ketiga yaitu sehubungan dengan adanya target penerimaan pemanfaatan BMN yang targetnya 6x lebih tinggi dari sebelumnya maka perlu adanya kerja sama yang efektif antar satuan kerja. Hal ini tentu bertujuan agar penerimaan negara lebih optimal melalui pemanfaatan aset-aset yang idle salah satunya dengan cara sewa.

Setelah penjelasan mengenai Verifikasi dan Validasi dalam Revaluasi Aset, dilakukan simulasi pelaporan Wasdal menggunakan aplikasi SIMAN. Dalam acara tersebut juga disebutkan satker internal kementerian keuangan yang sudah berinisiatif melakukan pelaporan wasdal sebelum adanya acara di hari tersebut. Satker-satker tersebut antara lain: KPKNL Pontianak, KPP Pratama Ketapang, KPP Pratama Pontianak Barat, KPP Pratama Mempawah, KPP Pratama Sanggau, KPP Pratama Sintang dan KPPN Sintang. Terakhir, dijelaskan juga mengenai tata cara Penyusunan Laporan LBKP Satuan Kerja via SIMAN.

Acara berlangsung dari pukul 09.30 sampai dengan ditutup pada pukul 15.15. Di akhir acara disampaikan kembali bahwa satker Kementerian Keuangan harus menjadi pionir pengelolaan aset yang baik dan diharapkan segera menyampaikan laporan wasdal melalui siman seperti yang telah disimulasikan.


Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknl.ptk@gmail.com