Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
E-Auction BMD Pemerintah Kota Pematangsiantar Secara Open Bidding
Saidibot Roulina Panjaitan
Rabu, 17 Maret 2021   |   256 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematangsiantar melaksanakan Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kota Pematangsiantar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Pematangsiantar. Lelang dilaksanakan terhadap 18 (delapan belas) unit kendaraan dinas Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui internet dengan penawaran secara terbuka (open bidding), yang artinya para peserta dapat melihat penawaran yang dilakukan peserta lain yang tentu saja meningkatkan persaingan antar peserta hingga membentuk harga yang optimal.

Lelang ini dipimpin oleh Muhammad Riza Aulia sebagai Pejabat Lelang KPKNL Pematangsiantar dengan didampingi Erin Simanjuntak sebagai saksi. Turut hadir Plh. Sekda Pematangsiantar Zainal Siahaan, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi, Kepala KPKNL Pematangsiantar, Ririen Fransiska, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Waliyul Ritonga, dan Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Pematangsiantar, Moh. Misbah menyaksikan pelaksanaan lelang.

Mengawali kegiatan, Tedy Syandriadi selaku Kepala Kanwi DJKN Sumatera Utara menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar atas sinergi dan kerja sama yang terjalin dengan KPKNL Pematangsiantar mengingat lelang ini merupakan lelang BMD secara online yang kedua kalinya dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Beliau juga berharap dengan adanya sinergi dan kerja sama ini, kiranya seluruh lapisan masyarakat di Kota Pematangsiantar semakin percaya dengan pelaksanaan lelang yang transparan dan akuntabel.

Pada kesempatan ini, Zainal Siahaan selaku Plh, Sekda juga memberikan sambutan sekaligus sosialisasi singkat kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih mengetahui secara luas Program Penjualan Barang Milik Daerah melalui lelang secara online yang diawali dengan pantun yang membuat suasana semakin akrab.

Dalam arahannya, Zainal mengapresiasi lelang online yang dilaksanakan KPKNL. “Hal ini merupakan terobosan yang luar biasa dari Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara karena dengan hadirnya portal lelang ini semakin mempermudah seluruh stakeholder, baik pemerintah maupun swasta ataupun masyarakat, baik sebagai pembeli ataupun penjaul dalam melaksanakan dan mengikuti lelang, sehingga pelaksanaan lelang semakin efektif, efisien, transparan dan akuntabel” sebut Beliau.

Lelang dimulai pukul 14.00 Waktu Server hingga pukul 16.00 Waktu Server. Menjelang menit-menit terakhir, penawaran semakin banyak dan persaingan antar peserta dapat terlihat melalui harga yang menanjak naik. 14 (empat belas) objek lelang dinyatakan laku dengan rata-rata kenaikan di atas 100% (seratus persen) dari nilai limit. Pejabat Penjual mengaku senang dengan adanya lelang tersebut dan berharap ke depannya jual beli BMD melalui lelang secara online ini semakin dipercaya dan diminati oleh masyarakat.   

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini