Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H!!!!
Saidibot Roulina Panjaitan
Selasa, 26 Mei 2020   |   189 kali

Melihat kembali ke bulan Januari awal memasuki tahun 2020, dunia mulai resah dengan adanya sebuah virus yang dikenal sebagai Coronavirus Disease (Covid-19). Wabah ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina pada Desember 2019 yang kemudian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada 20 Januari 2020 dan pandemi pada 11 Maret 2020[1].

Pemerintah Republik Indonesia kemudian mengumumkan adanya kasus pertama di Indonesia pada Senin 02 Maret 2020 dan dilansir dari laman resmi WHO Indonesia, per tanggal 25 Mei 2020 Pemerintah Indonesia melaporkan terdapat 22.750 orang terkonfirmasi Covid-19, 1.391 orang meninggal karena Covid-19 dan 5.6 42 pasien yang dinyatakan sembuh.[2]

Kondisi ini membuat banyak sekali perubahan di seluruh sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam organisasi pemerintahan. Pemerintah dan swasta mulai menerapkan sistem bekerja dari rumah (Work from Home) yang tentu saja mempengaruhi cara bekerja dan berkomunikasi antar pegawai juga instansi. Banyak rapat dan diskusi akhirnya dilakukan secara virtual tanpa bertemu secara langsung dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini tentu saja juga berlaku di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Hari ini misalnya, 26 Mei 2020 seluruh keluarga besar DJKN melaksanakan halal bihalal secara virtual yang dimulai pukul 07.30 hingga 09.45 WIB. Acara ini diikuti oleh seluruh perwakilan Kantor Pusat juga Kantor Vertikal DJKN di seluruh Indonesia. Kanwil DJKN Sumatera Utara bergabung pada pukul 07.55 WIB. Halal Bihalal dibuka oleh Bapak Isa Rachmatarwata selaku Direktur Jenderal Kekayaan Negara. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan ucapan Idul Fitri dari Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara yang diwakili oleh Bapak Tedy Syandriadi selaku Kepala Kanwil DJKN Sumut. Dalam acara ini, Bapak Isa Rachmatarwata juga menyempatkan saling menyapa dengan beberapa pegawai dari masing-masing KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Sumut termasuk KPKNL Pematangsiantar.

Acara halal bihalal ini tentu sangatlah berbeda dengan halal bihalal yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara virtual dan tidak dapat saling bertemu secara langsung untuk bersalam-salaman dan memohon maaf. Adanya wabah memaksa kita untuk tetap jaga jarak dan tidak bertemu untuk sementara waktu. Bahkan ada beberapa peagawai yang tidak dapat bertemu dengan keluarga inti untuk merayakan Idul Fitri seperti kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya. Tetapi meskipun demikian, hal ini tentu juga tidak mengurangi nilai silaturahmi diantara sesama pegawai. Kehangatan silaturahmi tetap dapat dirasakan meskipun saling terpisah jarak yaitu dengan untaian doa-doa yang dihaturkan kepada Sang Khalik. Doa-doa menjadi perekat persaudaraan kita dan membuat kita tetap dekat meskipun saling berjauhan. Semoga Yang Maha Kuasa memberikan umur yang panjang bagi kita semua agar bisa kembali bertemu dengan Ramadham di tahun yang akan datang.  

Tetap jaga jarak, cuci tangan, dan laksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 jika hendak beraktivitas di luar. Selalu ingat bahwa sebagai insan manusia, kita adalah aset paling berharga dalam organisasi ini.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.



[1]Pernyataan tentang pertemuan kedua Komite Kesehatan Internasional (2005) Komite Darurat mengenai wabah virus coronavirus baru (2019-nCoV)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini