Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peningkatan Soft Competency Pegawai melalui Short Course Implementasi Strategic Talent Development
Rahayu Ningsih Sijabat
Senin, 19 Agustus 2019   |   206 kali

Hari ini, Senin 19 Agustus 2019 KPKNL Pematangsiantar melaksanakan kegiatan Short Course dengan tema “Implementasi Strategic Talent Development” dalam rangka peningkatan Soft Competency yang dipaparkan oleh seorang narasumber , Mohamad Soleh. Beliau merupakan Trainer, Konsultan Manajemen dan salah satu pendiri Yayasan Azka Edukasi Bangsa. Short Course ini diikuti oleh Kepala KPKNL Pematangsiantar, pegawai PNS dan Non PNS KPKNL Pematangsiantar. Sebelum memulai pemaparan, Mohamad Soleh tak lupa memberikan yel-yel yang unik kepada peserta dengan penuh semangat sebagai awal pembukaan kegiatan.

Soft Competency yang dipaparkan oleh Mohamad Soleh yaitu Teamwork & Communication Skill based on Set Training  melalui Game & Actionable Insight game yang telah dilaksanakan sebelumnya pada hari jumat yang lalu tanggal 16 Agustus 2019. Perlombaan yang telah dilaksanakan sebelumnya sebagai sebuah pembelajaran dan evaluasi untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten agar dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Dalam kegiatan ini, pegawai dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan yang meliputi, Bagaimana cara kita menyelesaikan game tersebut?, Mengapa bisa berhasil? Mengapa ada salah/ gagal?, dan Apa yang harus kita lakukan agar efektif (di keseharian / aktivitas kerja), masing masing kelompok menjelaskan jawaban dari pertanyaan diatas dari sebuah game yang ditunjuk oleh narasumber. Dari jawaban tiga kelompok tersebut terlihat jawaban terbanyak ialah Fokus dan Yakin yang akan melahirkan sikap yang kuat dan mampu untuk menguatkan (Powerfull  Empowering).

        Game & Actionable Insight game hari ini mampu mengevaluasi pegawai untuk meningkatkan Soft Competency antar pegawai, dengan menciptakan sinergi ketika bekerja dalam tim,  strategi dan komunikasi yang efektif ala 9C ( Concrete, Clear, Correct, Complete, Consise, Courteous, Confirm, Confidence, dan Controlled) guna mencapai tujuan bersama , membangun trust & mempengaruhi orang lain, dan yang menjadi kunci utama adalah “Fokus dan Yakin”. Dalam kegiatan tersebut ada point penting yang disampaikan oleh Mohamad Saleh ialah “Emphatic Listening Skill” dimana kita tidak hanya sekedar mendengar tetapi juga mampu memahami perasaan lawan bicara kita. Sikap inilah yang akan menajamkan kemampuan dan meningkatkan efektivitas peran pemimpin melalui berbagai macam aspek , mulai dari memberi contoh perilaku yang baik dalam menghargai pembicara, mengingkatkan pemahaman atas aspek yang dibicarakan, dan pada akhirnya akan mengasah keterampilan sosial. 

            Diakhir kegiatan Pegawai diajak untuk melakukan transfer energi dengan cara mengarakan tangan kita diatas tangan sebelah kanan, lalu menarik nafas kemudian mengeluarkan nafas secara perlahan dan penerima mampu merasakan adanya aliran energi yang baru. Transfer energi ini merupakan wujud kasih sayang kita kepada rekan kita. Acara peningkatan soft competency  ini ditutup oleh Kepala KPKNL Pematangsiantar, Ririen Fransiska dengan harapan kegiatan dimaksud dapat meningkatkan produktifitas kinerja pegawai KPKNL Pematangsiantar yang ditunjuk sebagai salah satu kantor menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini