Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
“111 Tahun Kebangkitan Nasional: Bangkit Untuk Bersatu”
Saidibot Roulina Panjaitan
Senin, 20 Mei 2019   |   198 kali

Hari Senin tanggal 20 Mei 2019 bertempat di halaman Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jl. Rajamin Purba Pematangsiantar, KPKNL Pematangsiantar bersama dengan jajaran instansi vertikal Kementerian Keuangan melaksanakan upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala KPKNL Pematangsiantar, Sumarsono.

Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengangkat tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Inspektur Upacara menyampaikan amanat Menteri Keuangan dan dalam arahannya Menteri Keuangan menyampaikan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional adalah momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghadirkan kembali semangat nasionalisme dalam setiap pribadi masyaratakat khususnya pegawai Kementerian Keuangan. Karena jika masyarakat terpecah belah maka kekayaan sumber daya alam yang melimpah menjadi tidak ada artinya dan pembangunan yang merata serta persatuan bangsa yang menjadi cita-cita luhur the founding fathers pun tidak akan dapat diwujudkan.

Mengakhiri amanatnya, Menteri Keuangan mengutip pidato Presiden Soekarno pada tahun 1963. Beliau mengumpamakan bangsa Indonesia sebagai sapu lidi, yang terdiri dari beratus-ratus lidi. Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu maka lidi yang sudah menjadi sapu itu tidak akan terpatahkan. Oleh karena itu sangat penting menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga sebagai Aparatur Sipil Negara tidak mudah di provokasi dengan isu perpecahan berbau SARA dan ujaran kebencian tetapi semakin semangat dalam menjalin sinergi untuk meningkatkan kinerja secara khusus di lingkungan Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan adalah miniatur Indonesia, mari kita jaga bersama. Seperti pepatah mengatakan “jikalau kita bersatu, jikalau kita rukun, kita menjadi kuat”

Selamat Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, Mari Bangkit Untuk Bersatu! 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini