Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
“KPKNL Pematangsiantar Gelar Simulasi memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana”
Rahayu Ningsih Sijabat
Jum'at, 26 April 2019   |   180 kali

    KPKNL Pematangsiantar menggelar simulasi dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Jumat (26/4/2019). Acara digelar dengan melakukan simulasi kesiapsiagaan. Seluruh pegawai KPKNL Pematangsiantar dalam menghadapi bencana Gempa Bumi. Simulasi Penanggulangan  dilakukan serentak bersama seluruh unit vertikal DJKN dan Kantor Pusat DJKN yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, seperti biasa seluruh pegawai melaksanakan Apel rutin  pada pukul 08.00 WIB dan dilakukan gladi resik sampai dengan waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB, simulasi dimulai dengan tanda bunyinya sirine darurat.

    Sebelumnya KPKNL Pematangsiantar telah mengikuti sosialisasi penanggulangan bencana secara mandiri pada hari Kamis, tanggal 25 April 2019. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam yang sangat tinggi seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan sebagainya. Sosialisasi yang telah dilakukan sebagai bentuk edukasi bencana dan sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana dan diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut seluruh pegawai selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi.

    Sebagai salah satu sarana pendukung, dan untuk memudahkan para pegawai mengetahui jalan evakuasi, di setiap sudut ruangan telah diberi tanda berupa jalur evakuasi agar pegawai dapat mencari jalan keluar kemana harus berlari dan mengamankan diri jika terjadi tanda-tanda yang menandakan bencana hingga sampai pada titik kumpul (Emergency Assembly Point) yaitu tempat atau lokasi yang digunakan untuk berkumpul jika terjadi sebuah bencana yang berada di halaman depan KPKNL Pematangsiantar. Adanya Emergency Assembly Point tersebut bertujuan untuk mempercepat upaya evakuasi dan lokasi harus memiliki akses menuju tempat yang lebih aman serta tidak menghalangi kendaraan penanggulang keadaan bahaya dan bebas dari kemungkinan adanya bahaya lain.

     Pada akhir simulasi, KPKNL Pematangsiantar berfoto sambil menggenggam Spanduk Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana. Hari Kesiapsiagaan Bencana, Ayo tumbuhkan budaya siaga terhadap bencana.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini