Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Monev Lelang, Perkuat Intimacy untuk Optimalisasi
Eva Resia
Kamis, 27 Oktober 2022   |   67 kali

Pekanbaru – Sehubungan dengan pelaksanaan lelang triwulan III 2022, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) mengadakan rapat monitoring dan evaluasi (monev) bersama para pemohon lelang eksekusi Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan (UUHT) pada Rabu, 27 Oktober 2022. Bertempat di Ruang Rapat Samudera KPKNL Pekanbaru, rapat dilaksanakan secara hybrid meeting yang dipimpin oleh Kepala Kantor Rachmat Kurniawan. Peserta yang hadir langsung adalah  enam pimpinan perbankan dan perwakilan Pengadilan Negeri Pekanbaru. Sedangkan yang hadir online melalui zoom meeting ada lima pimpinan perbankan dan lembaga keuangan.

Rapat  membahas realisasi penetapan lelang, realisasi lelang laku dan permasalahan yang terjadi serta potensi lelang ke depan. Rachmat mengawali pemaparan dengan realisasi permohonan dan penetapan lelang. Realisasi penetapan jika dibandingkan dengan permohonannya, pada triwulan III ini menurun baik secara frekuensi maupun secara nilai. Mengenai capaian pelaksanaan lelang, untuk periode triwulan III tahun 2022, nilai pokok lelang terhadap limit laku mengalami peningkatan, dan nilai pokok lelang terhadap limit lelang juga meningkat dibandingkan dengan triwulan II tahun 2022. Komposisi pelaksanaan lelang dan komposisi lelang laku triwulan III Tahun 2022 didominasi oleh Pasal 6 UUHT.

Success rate frekuensi KPKNL Pekanbaru kumulatif 2022 sampai dengan triwulan III adalah 39,02%, sedangkan success rate nilai lelang KPKNL Pekanbaru kumulatif 2022 sampai dengan triwulan III mencapai 42,36%. Terkait lelang batal, persentasenya menurun dibandingkan dengan triwulan II tahun 2022 yaitu 17,08%. Hal ini disebabkan karena beberapa kendala yang terjadi di triwulan II sudah dapat diselesaikan.

Meski target KPKNL Pekanbaru sudah tercapai, namun monev akan tetap dilaksanakan. Dengan monev secara triwulanan, diharapkan intimacy KPKNL Pekanbaru dengan pengguna layanannya dalam hal ini pemohon lelang dapat semakin baik, sehingga pelaksanaan lelang menjadi semakin optimal dan efektif. Kepala Kantor juga menyampaikan agenda/rencana ke depan terkait lelang, yaitu  sosialisasi dan bimbingan teknis bagi Pemohon Lelang, pemanfaatan media pengumuman digital KPKNL Pekanbaru, serta program lelang akhir tahun.

Selain monev, dalam kegiatan juga diperkenalkan pelelang yang baru masuk KPKNL Pekanbaru yaitu para Pelelang Ahli Muda, yaitu Zulfan Effendi dan Erwin Cahyono.

 

***

Penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini