Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pakta Integritas Kuatkan Komitmen Integritas
Eva Resia
Rabu, 17 November 2021   |   704 kali

Pekanbaru – Seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) menandatangani dokumen Pakta Integritas bersama dengan atasan langsungnya di Ruang Rapat Samudera, KPKNL Pekanbaru (16/11). Tak terkecuali Kepala KPKNL Pekanbaru yang menandatangani Pakta Integritas dan Komitmen Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi, dengan disaksikan oleh atasan langsungnya, Kepala Kanwil DJKN  Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri).

Penandatanganan Pakta Integritas kali ini merupakan pengulangan dari penandatanganan di awal tahun, dikarenakan sudah banyaknya pergantian pegawai, baik akibat mutasi dari Kantor Pusat DJKN, maupun mutasi internal. Sebanyak 30 pegawai menandatangani dokumen pakta integritas, terdiri dari satu Kepala Kantor, tujuh Kepala Subbagian/Seksi, delapan Pejabat Fungsional dan 14 pelaksana.  Pakta Integritas berisikan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme

Setelah penandatanganan Pakta Integritas, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rachmat Kurniawan memberikan kata sambutan. Rachmat menyampaikan bahwa penandatanganan Pakta Integritas merupakan kewajiban setiap individu birokrasi dalam rangka menjaga integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Terutama bagi KPKNL Pekanbaru yang sudah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan sedang menuju ke Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di tahun 2022 mendatang. Selanjutnya nanti akan ada kegiatan Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi-Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK/WBBM). Walaupun pencanangan ini bersifat pengulangan, namun ini dirasa sangat perlu, karena pada kenyataannya pencanangan ZI-WBK/WBBM KPKNL Pekanbaru di tahun 2018 tidak dirasakan oleh hampir seluruh pegawai, dikarenakan banyaknya pergantian pegawai. “Kita akan ulang kembali, untuk menggelorakan semangat integritas, anti korupsi dan WBK/WBBM di lingkungan KPKNL Pekanbaru”, sambung Rachmat.

Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri, Sudarsono juga menyampaikan arahannya bagi seluruh jajaran KPKNL Pekanbaru. Sudarsono berpesan agar  semua unsur dapat ikhlas untuk bekerja sama menumbuhkan sikap integritas agar tidak terjebak korupsi, kolusi dan nepotisme, berkomitmen untuk berubah lebih baik, meningkatkan kinerja, memperbaiki tata laksana, memperkuat kompetensi sumber daya manusia, meningkatkan akuntabilitas dan memperkuat pengawasan.  Sebagaimana tertuang dalam enam komponen pengungkit penilaian ZI-WBK/WBBM. Kakanwil beserta jajarannya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi KPKNL Pekanbaru untuk meraih predikat WBBM. “Karena kita seperti satu tubuh. Apabila satu bagian sedang berjuang, maka bagian lain harus saling membantu”, ujar Sudarsono.

Selain penandatanganan pakta integritas, dilakukan juga kegiatan pengukuhan Pegawai Teladan Semester I 2021, Pegawai Aktif Melaporkan Gratifikasi dan lima pegawai sebagai Agen Perubahan. Diharapkan bagi pegawai terpilih, dapat menjadi teladan, inspirasi dan membawa perubahan bagi lingkungan sekitar dan organisasi.

 

***

Penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini