Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pekanbaru
Berita DJKN

KPKNL Pekanbaru Bersiap Menuju WBBM Tahun 2022

Senin, 25 Oktober 2021   |   23 kali

Pekanbaru – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) melaksanakan rapat pembahasan rencana kerja pembangunan Zona Integritas/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) pada hari Senin, 25 Oktober 2021. Rapat yang dilaksanakan secara hybrid-meeting ini bertempat di Ruang Rapat KPKNL Pekanbaru. Kepala KPKNL Pekanbaru, Rachmat Kurniawan langsung memimpin rapat dengan dihadiri oleh seluruh pegawai.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari diusulkannya KPKNL Pekanbaru sebagai salah satu unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk mengikuti penilaian kantor berpredikat ZI/WBBM tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

KPKNL Pekanbaru yang telah meraih predikat WBK di tahun 2020, perlu melakukan beberapa inovasi layanan dalam rangka penilaian WBBM. Walaupun kriteria dan tahapan penilaiannya sama dengan WBK, penilaian WBBM memiliki  batasan nilai pada tiap komponen yang lebih tinggi. Unit/kantor pun harus menunjukkan suatu perbedaan dibandingkan pada saat penilaian WBK dulu. Dari segi layanan, tentu harus semakin meningkat dan memiliki inovasi-inovasi yang lebih baik dan dikembangkan, bahkan dapat direplikasi oleh unit lain.

KPKNL Pekanbaru telah membentuk Tim Kerja yang terdiri dari tim masing-masing pengungkit, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik. Pada rapat kali ini, masing-masing tim memaparkan program kerjanya sesuai dengan komponen yang dibutuhkan dalam penilaian.

Fokus dari program kerja yang disampaikan adalah perubahan atau inovasi dari setiap komponen pengungkit, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada komponen manajemen sumber daya manusia, akan dibuat yel-yel baru sesuai dengan  moto KPKNL Pekanbaru, untuk menandakan adanya semangat baru. Agen Perubahan pun akan ditambah, dengan harapan ide-ide perubahan dapat semakin banyak.  

Pada komponen penataan tata laksana, inovasi akan menitikberatkan pada percepatan dan digitalisasi layanan utama KPKNL, yaitu layanan pengelolaan kekayaan negara, layanan lelang, layanan penilaian dan layanan pengurusan piutang negara. Pada komponen sistem manajemen sumber daya manusia akan ada program baru seperti program penyiapan talent.  Pada komponen penguatan akuntabilitas akan ditambahkan inovasi dalam penataan arsip. Pada komponen pengawasan, semua hal yang telah dilakukan akan semakin diperkuat karena nilai-nilai anti korupsi paling banyak di komponen ini. Inovasi akan fokus pada bagaimana nilai-nilai ini dapat tersebar ke seluruh pegawai dan para pengguna layanan.

Terakhir, yang paling penting dalam penilaian WBBM adalah komponen  peningkatan kualitas layanan publik. Semua unsur yang masih perlu diperbaiki akan dioptimalkan, mulai dari sarana prasarana, media informasi, standar layanan dan pengukuran kepuasan layanan. Digitalisasi juga menjadi poin penting dalam setiap perubahan tersebut.

Dalam diskusi rapat, Kepala KPKNL Pekanbaru terus menggali ide dari para pegawai. Perubahan apa yang kira-kira dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan dan mendapatkan nilai tambah tersendiri dalam penilaian WBBM nanti. “Intinya adalah bagaimana kita bisa menunjukkan perubahan dan peningkatan layanan dari sebelumnya, yang bisa menjadi pembeda (delta) bagi kantor kita, dibandingkan dengan kantor lain”, tambah Kepala KPKNL.

 

***

Penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Jenderal Sudirman Nomor 24, Simpang Tiga, Pekanbaru atau di Nomor Pengaduan 082286666106
(0761) 23845
(0761) 44593
kpknlpekanbaru@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |