Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pekanbaru
Berita DJKN

Pulihkan Ekonomi Nasional Melalui Lelang Produk UMKM Khas Riau

Jum'at, 13 Agustus 2021   |   46 kali

Pekanbaru - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan memeriahkan HUT Provinsi Riau ke-64 yang jatuh pada tanggal 9 Agustus, diselenggarakan  Lelang Produk UMKM Khas Riau secara hybrid meeting (12/08). Kegiatan ini merupakan buah sinergi antara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Pemerintah Provinsi Riau dan para penggiat UMKM provinsi Riau, dalam menumbuhkembangkan produk anak negeri dan  pemulihan ekonomi nasional.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Rionald Silaban, Direktur Lelang, Joko Prihanto, Kepala Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Sudarsono, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru), Rachmat Kurniawan, Asisten III Setda Riau, Syahrial Abdi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Provinsi Riau, Asrizal, serta tamu undangan lainnya.

Di awal acara, Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Sudarsono menyampaikan laporan pelaksanaan kepada seluruh tamu yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual melalui zoom meeting. “Kanwil DJKN RSK dan KPKNL Pekanbaru bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan lelang produk UMKM yang diikuti oleh 16 pengusaha UMKM, jumlah produk UMKM yang dilelang  melalui e-auction sebanyak 67 item dengan nilai Rp64.025.000,- yang terbagi dalam 5 kelompok yakni pakaian, kain/bahan, tas, handmade/craft dan makanan,”  ucap Sudarsono.

Selanjutnya Dirjen KN memberikan sambutan sekaligus membuka acara yang bertajuk “Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Lelang Produk UMKM” tersebut. Dalam sambutannya melalui teleconference, Rionald menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Riau atas dukungannya terhadap Lelang UMKM. “Kedepannya diharapkan dapat lebih meningkatkan sinergi, semoga lelang hari ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta produk-produk UMKM dapat laku terjual. Kami berharap pelaku UMKM di provinsi Riau dapat terus bekerjasama dengan KPKNL dalam melakukan penjualan produknya,” sebut pria kelahiran Kota Pekanbaru ini.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Daerah / Gubernur Provinsi Riau. Syamsuar menyampaikan bahwa lelang produk UMKM  harus menjadi spirit bagi pelaku usaha, khususnya para penggiat UMKM. Program ini mampu mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta dapat memperkenalkan produk lokal Provinsi Riau khususnya Pekanbaru ke seluruh Indonesia melalui lelang.go.id. Lebih lanjut disampaikan, di masa pandemi COVID-19 ini, pelaku usaha sektor UMKM dituntut untuk berpikir positif dan mampu berinovasi  dalam menstabilkan atau bahkan meningkatkan ekonomi UMKM. "Kita juga mendorong pelaku usaha UMKM untuk memanfaatkan penjualan online, karena kegiatan usaha secara offline tidak memungkinkan dalam kondisi seperti ini," sambungnya.

Pada pelaksanaan lelang kali ini, terdapat dua kegiatan lelang, yaitu lelang e-auction dan lelang konvensional. Lelang e-auction pada lelang.go.id dipimpin oleh Pelelang Ahli Pertama KPKNL Pekanbaru, Hendro Dwiyanto. Lelang dilaksanakan secara open-bidding mulai pukul 09.30 sampai dengan 10.30 WIB. Berdasarkan hasil pelaksanaan lelang, diperoleh hasil 21 lot barang laku dengan pokok lelang sebesar Rp9.075.000,00 (sembilan juta tujuh puluh lima ribu rupiah).

Untuk lelang konvensional, dipandu oleh Pelelang Ahli Madya KPKNL Pekanbaru, Amiruddin. Gubernur Riau dan Dirjen KN juga turut memeriahkan lelang konvensional dengan menjadi peserta lelang dan berhasil memenangkan lelang dengan masing-masing objek Kaligrafi dan satu set kain tenun khas Riau.

 

***

Penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Jenderal Sudirman Nomor 24, Simpang Tiga, Pekanbaru atau di Nomor Pengaduan 082286666106
(0761) 23845
(0761) 44593
kpknlpekanbaru@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |