Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pekanbaru
Berita DJKN

Aset Pemerintah Kota Pekanbaru Laku Dilelang melalui Lelang Indonesia

Kamis, 05 Agustus 2021   |   56 kali

Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru  melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) melakukan penjualan aset secara lelang melalui internet (e-auction) pada hari Selasa, 03 Agustus 2021. Platform yang digunakan adalah aplikasi Lelang Indonesia atau lelang.go.id.   

Lelang dimohonkan oleh Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru selaku Penjual. Jumlah aset daerah atau Barang Milik Daerah  (BMD) yang dilelang adalah sebanyak 93 (sembilan puluh tiga) lot lelang yang terdiri dari Kendaraan Dinas Operasional dan kendaraan operasional lainnya dalam bentuk Scrap. Kendaraan dinas berupa kendaraan dinas roda dua dan roda empat,  sementara Scrap dibagi ke dalam 5 kelompok/paket yang dijual/dilelang sekaligus. Lelang ini sendiri  termasuk ke dalam jenis  Lelang Non Eksekusi Wajib.

Dari 93 (sembilan puluh tiga) lot lelang yang ditawarkan sebanyak 50 (lima puluh) lot lelang berhasil laku terjual, atau sekitar 53,7%. Nilai jual yang ditetapkan mencapai total   Rp.1.425.423.500,- (satu miliar empat ratus dua puluh lima juta empat ratus dua puluh tiga ribu lima ratus rupiah). Nilai ini naik sebesar 40,8% dari nilai limit totalnya, sebesar Rp.1.012.268.500,- (satu milyar dua belas juta dua ratus delapan puluh enam ribu lima ratus rupiah). Dari total pokok lelang (nilai jual) tersebut, KPKNL Pekanbaru menetapkan tarif 2% sesuai dengan peraturan yang berlaku atau sekitar Rp. 28.508.470,- (dua puluh delapan juta lima ratus delapan ribu empat ratus tujuh puluh rupiah) sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Lelang dilaksanakan secara open-bidding, dimana penawaran lelang dapat dilihat oleh peserta lainnya. Peserta lelang dapat mengajukan penawarannya pada barang yang dipilih, mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Pelaksanaan lelang dipimpin oleh dua orang pejabat lelang KPKNL Pekanbaru yaitu Sdr. Deddy Eko Sisworo Bangun, S.E., M.H. selaku pejabat fungsional Pelelang Ahli Pertama dan Sdr. Lamrahman, S.H., M.H. selaku pejabat fungsional Pelelang Ahli Muda. Lelang juga dihadiri oleh perwakilan dari Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru.

Lelang Indonesia atau lelang.go.id adalah domain portal lelang yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara  (DJKN), selaku unit Kementerian Keuangan yang salah tugas dan fungsinya melaksanakan lelang. Dengan peluncuran domain ini,  pelaksanaan lelang dilakukan secara online, layaknya e-commerce. Untuk dapat mengikuti lelang, maka perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu, memilih lelang yang diinginkan, menyetor uang jaminan, kemudian melakukan penawaran pada saat pelaksanaan lelang. Uang jaminan bagi peserta yang tidak memenangkan lelang, akan dikembalikan seluruhnya kepada peserta lelang.

Tingginya minat masyarakat umum yang ikut serta dan mengajukan penawaran dalam pelaksanaan lelang ini membuktikan bahwa lelang.go.id merupakan salah satu alternatif penjualan secara lelang yang akuntabel, terbuka, efisien dan tentu memiliki kepastian hukum. Ditunjukkan  dengan pembuatan Risalah Lelang oleh Pejabat Lelang, yang merupakan akta otentik dan mempunyai kekuatan pembuktian yang sempurna.

(tim Humas KPKNL Pekanbaru)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Jenderal Sudirman Nomor 24, Simpang Tiga, Pekanbaru atau di Nomor Pengaduan 082286666106
(0761) 23845
(0761) 44593
kpknlpekanbaru@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |