Pekanbaru – Kantor
Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) mengikuti
penilaian zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) tahun
2020 (26/11). Sebagai tim penilai adalah Tim Penilai Nasional (TPN) dari
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).
Penilaian berupa pemaparan materi dan tanya jawab yang dilakukan seluruhnya secara daring.
Dalam
pembukaannya, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rachmat Kurniawan beserta tim menyuarakan
motto SAMUDERA secara serempak. Santun, Amanah, Dinamis, Empati dan Ramah
menjadi pedoman KPKNL Pekanbaru dalam bekerja dan melayani. Dengan slogan “New Normal Always Professional”, semakin
memantapkan KPKNL Pekanbaru dalam memberikan layanan yang berintegritas dan profesional,
meski di masa pandemi.
Rachmat
memulai pemaparan dengan menyampaikan layanan utama yang diberikan, yaitu
layanan pengelolaan kekayaan Negara, layanan penilaian, layanan lelang dan
layanan Piutang Negara. Selain layanan utama, KPKNL Pekanbaru juga
melakukan kegiatan penunjang, yang meliputi kegiatan
penanganan perkara di pengadilan, pengelolaan informasi dan media, pengelolaan
kinerja, manajemen risiko, pengendalian internal sampai dukungan umum seperti
keuangan dan perlengkapan
KPKNL
Pekanbaru sudah mencanangkan pembangunan zona integritas di tahun 2018 dan
mengikuti penilaian ZI menuju WBK di tahun 2019. Karena kekurangan 0,02 poin
pada komponen hasil, KPKNL Pekanbaru kembali mengikuti penilaian zona
integritas di tahun 2020 ini. Terdapat empat garis besar pembangunan zona
integritas, yaitu mewujudkan birokrasi yang melayani dan bebas dari
korupsi , peningkatan informasi layanan dan akses data melalui
sarana digital, peningkatan
edukasi kepada stakeholder dan penguatan integritas melalui pembinaan dan pengawasan
internal. Selanjutnya Rachmat menyampaikan bagaimana keempat garis besar
pembangunan ZI tersebut mewarnai komponen pengungkit.
Dalam
setiap komponen pengungkit, KPKNL Pekanbaru mempersiapkan program atau inovasi
yang dapat mempertajam tugas dan fungsi. Seperti pada komponen pengungkit manajemen perubahan, KPKNL Pekanbaru
menggaungkan perubahan pola pikir dan budaya kerja melalui program “one day one quote” tentang integritas
dan anti korupsi. Penggunaan aplikasi dan teknologi informasi dalam setiap
proses bisnis mampu memberikan percepatan layanan, dengan tetap mengedepankan
integritas dan akuntabilitas. Pada komponen manajemen sumber daya manusia, KPKNL
Pekanbaru mengoptimalkan sumber daya manusia dengan menerapkan analisis
kebutuhan, memanfaatkan aplikasi dalam penempatan pegawai, dan mendukung
perkembangan pegawai dengan berbagai pelatihan.
Pada
komponen akuntabilitas, KPKNL Pekanbaru melakukan
semua tahapan tugas dan fungsi mulai dari perencanaan, penetapan target,
anggaran, profil risiko dan mitigasinya. Didukung dengan data dan dokumentasi
yang memadai, maka setiap proses tersebut menjadi lebih terarah. Pada penguatan
pengawasan, KPKNL Pekanbaru berinovasi dengan membentuk Manager On Duty yang salah satu tugasnya memastikan tidak
terjadinya perbuatan yang melanggar dari petugas APT kepada pengguna jasa.
Tak
kalah penting adalah komponen peningkatan kualitas pelayanan. Pada komponen
ini, KPKNL Pekanbaru memulainya dengan memaklumatkan pelayanan KPKNL Pekanbaru
melalui berbagai media. Selanjutnya berbagai inovasi yang terus berkembang
sampai saat ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan penguna layanan. KPKNL
Pekanbaru melengkapi area pelayanan dengan memberikan perhatian khusus pada
pengarusutamaan gender, seperti kursi roda, ruang laktasi, arena bermain anak,
pojok kesehatan, kacamata baca, area bertemu, ruang baca dan ruang konsultasi.
Di
luar fasilitas tersebut, juga dilakukan berbagai inovasi yang ditujukan untuk
memudahkan pengguna jasa mendapatkan layanan tanpa meninggalkan aspek
akuntabilitas. Inovasi yang dilakukan juga memanfaatkan teknologi informasi dan
sarana digital untuk mengikuti perkembangan zaman. Inovasi yang diberikan meliputi
reservasi layanan online, Sapa SobatKaen, Soleram, Radar NUP Ranmor, Sibelalang
dan Dishania.
“Membangun Zona Integritas bagi kami adalah suatu keharusan. Kami sangat menyadari dengan integritas yang tinggi, tidak saja akan membuat pelayanan kepada stakeholder menjadi lebih baik, tetapi tujuan untuk meciptakan budaya anti korupsi dapat tercapai”, tambah Rachmat.
(***)
Penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru