Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Indonesia, Cara Baru Pasarkan Produk UMKM
Eva Resia
Senin, 26 Oktober 2020   |   1035 kali

Lelang Indonesia, Cara Baru Pasarkan Produk UMKM  

 

Pekanbaru – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) turut menjadi narasumber dalam siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Pekanbaru pada program Wajah Daerah Riau (23/10). Mengambil tajuk “Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional Dengan Pemasaran Produk UMKM Melalui Lelang”, Kepala KPKNL Pekanbaru mengajak pendengar Pro 1 Pekanbaru, khususnya pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk-produknya melalui lelang KPKNL. Dengan lelang.go.id (situs resmi lelang KPKNL), barang lelang dapat dilihat oleh semua orang yang mengaksesnya, di seluruh Indonesia. Terlebih untuk produk UMKM khas daerah, pemasaran melalui lelang dapat dijadikan alternatif untuk mengenalkan produk ke tingkat nasional.

Pada program dialog interaktif tersebut, penyiar radio, Syamsul Bahri menanyakan alasan KPKNL Pekanbaru tertarik membantu perekonomian UMKM. Merespon hal tersebut, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rachmat Kurniawan, menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Menteri Keuangan bahwa seluruh pegawai Kementerian Keuangan diimbau untuk turut dalam pemulihan ekonomi nasional. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan perekonomian UMKM. Berawal dari sana, KPKNL Pekanbaru berinisiatif melaksanakan lelang sukarela untuk barang-barang UMKM di wilayah Kota Pekanbaru. Lebih lanjut penyiar menanyakan tentang lelang sukarela, karena selama ini lelang KPKNL lebih dikenal untuk lelang barang sitaan Negara. Rachmat kemudian menjelaskan bahwa jenis lelang ada tiga, yaitu lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib dan lelang non eksekusi sukarela. Lelang sitaan Negara yang dimaksud penyiar, masuk ke dalam lelang eksekusi. Sedangkan lelang produk UMKM termasuk ke dalam lelang non eksekusi sukarela, yaitu lelang atas barang milik swasta, perorangan atau badan hukum/badan usaha yang dilelang secara sukarela.

Selanjutnya penyiar menanyakan bagaimana pengusaha UMKM bisa mengikuti program lelang produk UMKM, dan bagaimana KPKNL Pekanbaru mendorong para pengusaha UMKM untuk mengikuti program, karena tidak semua pengusaha memiliki kemampuan yang sama dalam penggunaan teknologi informasi. Menjawab pertanyaan penyiar, Rachmat menyampaikan kemudahan dari aplikasi lelang.go.id ini. Selain bisa diakses dengan internet komputer/laptop, bisa juga melalui aplikasi Lelang Indonesia yang dapat diunduh pada playstore android. Setelah itu, ada panduannya untuk mendaftar, baik sebagai penjual maupun pembeli. Namun untuk menjual produk UMKM ini, memang lebih disarankan secara kolektif dalam satu pengajuan permohonan oleh perusahaan swasta yang bergerak di bidang konsultasi bisnis seperti Caraka Corporation.

Chief Executive Officer (CEO) dari  Caraka Corporation,   Alfa Frisa Septania, juga menjadi narasumber dalam dialog interaktif tersebut. Caraka Corporation merupakan lembaga konsultasi dan pengembangan bisnis dengan konsep kekinian yang membangun ekonomi kerakyatan dan kemitraan strategis yang mengusung konsep keberlanjutan. Dalam dialog tersebut Alfa menyampaikan bahwa program lelang produk UMKM melalui KPKNL ini menjadi hal baru dan unik. Pemasaran secara daring seperti ini patut untuk dicoba, terlebih untuk UMKM kerajinan khas daerah yang sangat terdampak corona virus disease-19 (covid-19).

Di penghujung dialog, penyiar menanyakan apa keuntungan menjual melalui lelang.go.id ini. Rachmat menjawab dengan menyampaikan fakta bahwa selama ini, 83,56% barang yang dipasarkan melalui lelang sukarela, laku terjual. Bahkan harga terbentuk/harga jual bisa naik sampai 35% dari nilai limit. Artinya, daya laku pada lelang.go.id tinggi, potensi peningkatan harganya besar, dan satu lagi barang yang dipasarkan dapat dilihat oleh semua orang yang mengakses. “Bukan tidak mungkin, barang UMKM daerah Riau dapat dikenal masyarakat daerah lain melalui lelang.go.id ini”, ujar Rachmat.

 (***)

 

Penulis :  Tim Humas KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini