Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
In House Training KPKNL Pekanbaru
Christian Junyanto Sinaga
Kamis, 28 Februari 2019   |   274 kali

Pekanbaru - Sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di wilayah Pekanbaru, KPKNL Pekanbaru bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fungsi dan peran DJKN. Untuk itu, dalam rangka Ulang Tahun Lelang yang ke-111, KPKNL Pekanbaru menyelenggarakan acara In House Training  KPKNL Pekanbaru Tahun 2019 dengan tema Bersama kelola aset negara, Rabu (27/02/2019).

Kepala KPKNL Pekanbaru Rina Yulia dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peranan DJKN selaku pengelola aset negara serta tugas-tugas lainnya yaitu penilaian, pengurusan piutang negara dan pelaksanaan lelang. Rina Yulia mengharapkan setelah kegiatan ini para peserta akan mengetahui begitu besarnya nilai kekayaan negara kita, bertambahnya wawasan peserta tentang lelang dan tugas KPKNL Pekanbaru lainnya, serta membuka mata para generasi muda khususnya mahasiswa untuk semakin mencintai negara Indonesia.

Peserta kegiatan In House Training KPKNL Pekanbaru Tahun 2019 ini merupakan para mahasiswa yang berasal dari Universitas Islam Riau sejumlah 30 (tiga puluh) orang dan didampingi oleh Dr. Admiral, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum dan beberap orang Dosen Universitas Islam Riau. Mahasiswa dipilih menjadi peserta/audiens karena dapat memperluas jangkauan informasi mengenai DJKN kepada seluruh lapisan masyarakat dan dapat memberikan tanggapan/kritik yang membangun atas informasi yang diterima selama berlangsungnya acara.

Tema “Bersama kelola aset negara” dipilih karena dianggap relevan dengan tugas besar yang sedang diemban oleh DJKN saat ini. Selain menyampaikan betapa kaya negeri kita melalui sesi pengetahuan Pengelolaan Kekayaan Negara dan penilaian, pada acara dimaksud juga dilaksanakan simulasi pelaksanaan lelang konvensional dengan peserta lelang para mahasiswa yang hadir. Kegiatan ini bertujuan agar para peserta mengetahui bahwa salah satu sumber pembiayaan negara Indonesia adalah berasal dari penerimaan negara bukan pajak yang diperoleh melalui pemanfaatan BMN, pelaksanaan lelang dan lain sebagainya.

Suasana acara kali ini memang terasa berbeda dengan kehadiran para mashasiswa yang demikian kritis dan antusias. Celetukan pertanyaan khas mahasiswa mewarnai acara interaktif dan menambah kemeriahan suasana. “Dengan suasana yang demikian hidup, proses penyampaian informasi pada acara tersebut menjadi tepat sasaran dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang tugas dan fungsi KPKNL Pekanbaru”. Universitas Islam Riau mengirimkan 30 orang mahasiswa yang berasal dari Jurusan Hukum dan Administrasi Perkantoran. Hal tersebut karena setiap pelaksanaan tugas yang ada pada KPKNL Pekanbaru dapat memberikan tambahan wawasan terhadap mahasiswa jurusan tersebut.

Dr. Admiral, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang mengundang Universitas Islam Riau sebagai peserta. Mahasiswa mendapat pembelajaran baru tentang tugas dan peran Kementerian Keuangan, khususnya dalam pengelolaan aset negara, penilaian, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang.

Keseruan acara semakin meningkat saat pelaksanaan simulasi lelang. Tim dari KPKNL Pekanbaru melaksanakan lelang barang-barang yang telah disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan simulasi lelang ini, mulai dari Tas, Headset, Powerbank, dan Flashdisk. Para peserta dan pendamping diminta berpartisipasi dalam lelang tersebut, dengan mengikuti proses sejak awal mulai dari pendaftaran dan penyetoran uang jaminan. Simulasi lelang ini menjadi puncak dari acara In House Traning, karena acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati 111 tahun lelang di Indonesia. Pelaksanaan simulasi tersebut berhasil membuat suasana semakin meriah dan seluruh barang yang dilelang laku terjual.

Acara visit DJKN ditutup pada pukul 12.00 WIB. Kepala KPKNL Pekanbaru mengucapkan terima kasih atas antusiasme dari para peserta serta pendamping, dan meminta para mahasiswa untuk tetap mencintai aset negara dengan cara menjaga fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah baik itu daerah maupun pusat..

(Teks dan foto: Christian Sinaga)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini