Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pentingnya Terapkan Budaya Kerja dan Pola Pikir diiringi Nilai Integritas
Dianita Irmayanti
Sabtu, 23 Februari 2019   |   1265 kali

Pekanbaru - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru melaksanakan Knowledge Sharing bersama BDK Pekanbaru dengan tema “Pembangunan Budaya Kerja dan Pola Pikir di Lingkungan Organisasi terkait dengan Nilai Integritas” (19/02). Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat KPKNL Pekanbaru dan dihadiri oleh Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia beserta seluruh jajaran pegawainya. Kegiatan Knowledge Sharing tersebut dibuka pada pukul 14.00 dengan narasumber Deddy Candra yang merupakan Widyaiswara dari BDK Pekanbaru.

Dalam pemaparannya, Deddy Candra menyampaikan bahwa kesuksesan merupakan akibat dari adanya mindset atau cara berpikir yang kuat untuk mencapai tujuan serta impian dengan menerima tantangan yang ada, terus bertahan untuk menghadapi tantangan, berusaha pantang menyerah untuk menuju keahlian, belajar dari kritikan dan umpan balik serta menjadikan kesuksesan orang lain menjadi pelajaran dan inspirasi. Selain itu, perlunya adanya tindakan yang nyata dalam mengeksekusi impian tersebut yang dilakukan secara terus-menerus secara efektif dan efisien.

Disamping itu, Deddy Candra juga menekankan arti pentingnya budaya kerja yang mengacu pada nilai-nilai Kementerian Keuangan. Hal ini dapat dilakukan dengan mendorong seluruh pegawai agar mencari informasi yang positif dan membaginya dengan pegawai lainnya untuk pengetahuan bersama. Melatih, membiasakan, serta menumbuhkan kedisiplinan seluruh pegawai dengan hadir di ruang/tempat rapat 2 (dua) menit sebelum rapat dimulai sesuai jadwal, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi rapat. Mendorong seluruh pegawai agar terbiasa memberikan pelayanan terbaik dan bersikap sopan dan santun, dengan memberikan salam sesuai dengan waktunya, yaitu selamat pagi, selamat siang, dan selamat sore. Melaksanakan tugas sehari-hari agar menerapkan etos kerja dan prinsip manajemen/organisasi yang baik, dengan senantiasa membuat perencanaan terlebih dahulu, mengerjakan hingga tuntas, memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasilnya, dan menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan. Mendorong tumbuhnya kesadaran, keyakinan, dan kepedulian pegawai akan pentingnya penataan ruang kantor dan dokumen kerja yang ringkas, rapi, resik/bersih melalui perawatan yang dilakukan secara rutin, agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman.

Diharapkan dengan adanya acara Knowledge Sharing tersebut dapat menumbuhkan motivasi pegawai agar dapat memberikan dedikasi yang tinggi diiringi dengan nilai integritas dalam menjalankan tugasnya.

(Teks: Dianita Irmayanti    Foto:Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini