Pekanbaru – Kantor Pelayanan
Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru menjalani tahapan
akhir dalam proses Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) di lingkungan Kementerian
Keuangan. Tahapan penilaian akhir dilakukan pada hari Kamis tanggal 20
September 2018. Bertindak sebagai perwakilan dari KPKNL Pekanbaru yaitu Kepala
KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Lidya Sari
Baharuddin Latief, beserta staf pada KPKNL Pekanbaru yaitu Susanto dan
Yoserizal Fernando.
Tahapan Penilaian Akhir Kantor Pelayanan Terbaik diselenggarakan di
Ruang Rapat Profesional Gedung Djuanda I, Jakarta. Tim Penilai KPT terdiri dari
Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setjen Kemenkeu, Dini Kusumawati,
Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak, Arfan, dan Sekretaris Direktorat Jenderal
Bea dan Cukai, Kushari Suprianto.
Peserta penilaian KPT yang merupakan utusan dari Direktorat Jenderal Kekayaan
Negara terdiri dari tiga KPKNL yaitu KPKNL Pekanbaru, KPKNL Tasikmalaya dan KPKNL
Tegal. Masing-masing KPKNL peserta penilaian diberikan waktu 20 menit untuk
mempresentasikan kinerja dan inovasi yang dicapai.
Pemaparan yang disampaikan Rina Yulia menggambarkan kegiatan, pelayanan,
inovasi, prestasi dan kinerja KPKNL Pekanbaru dalam mengemban tugas pokok dan
fungsinya. Dalam paparannya Rina Yulia turut mengungkapkan tentang pencapaian-pencapaian
KPKNL Pekanbaru yang berhasil dalam pelaksanaan tugas dengan segala inovasinya
selama ini selalu dilandasi komitmen untuk terus menerapkan nilai-nilai
kementerian keuangan, yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan,
dan kesempurnaan. Nilai-nilai tersebut diresapi dan diterjemahkan dalam
semangat “SAMUDERA” (Santun, Amanah, Unggul, Dinamis, Empati, Ramah) yang
menjadi motto KPKNL Pekanbaru.
Inovasi yang disampaikan oleh Rina Yulia yaitu aplikasi “SAMPAN”
(Sistem Administrasi dan Pelayanan Andalan) yang digadang menjadi fasilitas
untuk memudahkan pemantauan layanan baik baik dari sisi eksternal maupun
internal, serta sistem “OREL” (Otomatisasi Risalah lelang) dan “one schedule
for all” yang direalisasikan untuk memperlancar tugas pelayanan lelang.
Sesi tanya jawab dimulai setelah pemaparan oleh Kepala KPKNL Pekanbaru,
Rina Yulia. Dalam sesi tanya jawab tersebut, Dini menyampaikan bahwa adanya penilaian
KPT ini tidak menjadi beban pada kantor yang menjalaninya. KPKNL Pekanbaru telah
menunjukkan capaian kinerja yang baik hanya saja belum optimal, tambah Dini. "Perlu diperhatikan bahwa work balance
juga memainkan peranan yang penting demi sumber daya manusia yang sustainable", imbuh Dini.
Dalam penutupnya Rina menyampaikan bahwa apapun hasil penilaian KPT di
lingkungan Kementerian Keuangan ini, juara atau tidak, KPKNL Pekanbaru telah
melakukan pembenahan baik dari segi fasilitas, administrasi dan pelayanan dan juga telah
memberikan yang terbaik. Hasil akhir Penilaian Kantor Pelayanan dan Kantor
Wilayah Terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan akan diumumkan bertepatan
dengan kegiatan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia, 30 Oktober 2018.
(Teks : David Sihombing. Foto : Biro Umum Setjen
Kemenkeu)