Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru Jalani Penilaian Akhir Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2018 di Lingkungan Kementerian Keuangan
David Sihombing
Senin, 24 September 2018   |   904 kali

        PekanbaruKantor Pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru menjalani tahapan akhir dalam proses Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) di lingkungan Kementerian Keuangan. Tahapan penilaian akhir dilakukan pada hari Kamis tanggal 20 September 2018. Bertindak sebagai perwakilan dari KPKNL Pekanbaru yaitu Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Lidya Sari Baharuddin Latief, beserta staf pada KPKNL Pekanbaru yaitu Susanto dan Yoserizal Fernando.

Tahapan Penilaian Akhir Kantor Pelayanan Terbaik diselenggarakan di Ruang Rapat Profesional Gedung Djuanda I, Jakarta. Tim Penilai KPT terdiri dari Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setjen Kemenkeu, Dini Kusumawati, Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak, Arfan, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kushari Suprianto.

Peserta penilaian KPT yang merupakan utusan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara terdiri dari tiga KPKNL yaitu KPKNL Pekanbaru, KPKNL Tasikmalaya dan KPKNL Tegal. Masing-masing KPKNL peserta penilaian diberikan waktu 20 menit untuk mempresentasikan kinerja dan inovasi yang dicapai.

Pemaparan yang disampaikan Rina Yulia menggambarkan kegiatan, pelayanan, inovasi, prestasi dan kinerja KPKNL Pekanbaru dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya. Dalam paparannya Rina Yulia turut mengungkapkan tentang pencapaian-pencapaian KPKNL Pekanbaru yang berhasil dalam pelaksanaan tugas dengan segala inovasinya selama ini selalu dilandasi komitmen untuk terus menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan, yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Nilai-nilai tersebut diresapi dan diterjemahkan dalam semangat “SAMUDERA” (Santun, Amanah, Unggul, Dinamis, Empati, Ramah) yang menjadi motto KPKNL Pekanbaru.

Inovasi yang disampaikan oleh Rina Yulia yaitu aplikasi “SAMPAN” (Sistem Administrasi dan Pelayanan Andalan) yang digadang menjadi fasilitas untuk memudahkan pemantauan layanan baik baik dari sisi eksternal maupun internal, serta sistem “OREL” (Otomatisasi Risalah lelang) dan “one schedule for all” yang direalisasikan untuk memperlancar tugas pelayanan lelang.

Sesi tanya jawab dimulai setelah pemaparan oleh Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia. Dalam sesi tanya jawab tersebut, Dini menyampaikan bahwa adanya penilaian KPT ini tidak menjadi beban pada kantor yang menjalaninya. KPKNL Pekanbaru telah menunjukkan capaian kinerja yang baik hanya saja belum optimal, tambah Dini. "Perlu diperhatikan bahwa work balance juga memainkan peranan yang penting demi sumber daya manusia yang sustainable", imbuh Dini.

Dalam penutupnya Rina menyampaikan bahwa apapun hasil penilaian KPT di lingkungan Kementerian Keuangan ini, juara atau tidak, KPKNL Pekanbaru telah melakukan pembenahan baik dari segi fasilitas, administrasi dan pelayanan dan juga telah memberikan yang terbaik. Hasil akhir Penilaian Kantor Pelayanan dan Kantor Wilayah Terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan akan diumumkan bertepatan dengan kegiatan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia, 30 Oktober 2018.

 

(Teks : David Sihombing. Foto : Biro Umum Setjen Kemenkeu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini