Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Salam "Samudera" Dari KPKNL Pekanbaru
Chrisnandar
Rabu, 01 Agustus 2018   |   734 kali

Penilaian Awal Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Di KPKNL Pekanbaru

Pekanbaru – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru menjalani proses penilaian awal lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) tingkat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Selasa, 31 Juli 2018. Bermula di aula/ruang rapat KPKNL Pekanbaru, proses penilaian ini di dilaksanakan oleh Tim Penilai/ Juri  yang terdiri dari Kepala Bagian Organisasi I Sekretairat Jenderal Kemenkeu, Imam Sofyan dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Direktorat Jenderal Pajak, Oding Rifaldi beserta jajarannya.

Hadir dalam perhelatan ini antara lain, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Tugas Agus Priyo Waluyo, Kepala Bagian Kepegawaian DJKN, Dwi Wahyudi, Perwakilan dari PT.Bank BRI Cabang Pekanbaru, Perwakilan PT Bank PANIN Pekanbaru, Perwakilan dari Kepolisian Daerah Riau, Perwakilan Pemerintah Provinsi Riau, serta Perwakilan Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja, dan pengguna jasa KPKNL Pekanbaru lainnya.

Dalam sambutannya Tugas Agus Priyo Waluyo mengungkapkan bahwa dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, KPKNL Pekanbaru mampu menjawab tantangan dan menuntaskan tugasnya sesuai dengan target yang diberikan, bahkan juga memberikan nilai tambah dengan berbagai inovasi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas. “ Kami beserta segenap jajran Kanwil DJKN RSK, sangat mengharapkan dukungan para pengguna jasa agar KPKNL Pekanbaru mampu mempersembahkan karya terbaiknya bagi masyarakat, bangsa dan negara”, pungkasnya.

Imam Syofyan selaku ketua Tim Penilai, dalam pengantarnya menyatakan bahwa KPKNL yang terpilih untuk mengikuti ajang ini merupakan KPKNL dengan kinerja terbaik, demikian juga KPKNL Pekanbaru. “Pesan dari diadakannya lomba ini adalah agar KPKNL tersebut terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayananya”, tekan Imam Syofyan.

Tahap penilaian ini dimulai dengan pemutaran video profil KPKNL Pekanbaru yang sekilas menggambarkan kegiatan, pelayanan, inovasi, prestasi dan kinerja KPKNL Pekanbaru dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya. Dalam paparannya Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia mengungkapkan tentang pencapain-pencapain KPKNL Pekanbaru yang berhasil dalam pelaksanaan tugas dengan segala inovasinya selama ini selalu dilandasi komitmen untuk terus menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan, yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Nilai-nilai tersebut diresapi dan diterjemahkan dalam semangat “SAMUDERA” (Santun, Amanah, Unggul, Dinamis, Empati, Ramah) yang menjadi motto KPKNL Pekanbaru.

Berikutnya, untuk lebih menggali tentang dinamika pelayanan di KPKNL Pekanbaru dalam pelaksanaan tugasnya, tim penilai melangsungkan acara tanya jawab dengan kepala kantor, kepala seksi, dan beberapa pegawai/ pelaksana. Tak luput para pengguna jasa (stakeholder) juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat tentang pengalamannya bekerja sama dengan KPKNL Pekanbaru, yang mana sebagian besar memandang positif kinerja KPKNL Pekanbaru dan berkenan memberikan usulan yang tulus demi kemajuan KPKNL Pekanbaru. 

Sesi terakhir setelah istirahat siang dilanjutkan oleh tim penilai dengan menyempatkan diri melakukan pengamatan langsung ke tiap ruangan seksi dan fasilitas pelayanannya. Dimulai dari ruang e-auction, seksi Kepatuhan Internal, Seksi Hukum dan Informasi, Sub Bagian Umum, Pelayanan Penilaian, Piutang Negara, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Pelayanan Lelang. Tim penilai cukup intensif berdialog dengan tiap kepala seksi dan pegawai di tiap seksi yang mereka kunjungi, terutama terkait dengan inovasi aplikasi “SAMPAN” (Sistem Administrasi dan Pelayanan Andalan) yang digadang menjadi fasilitas untuk memudahkan pemantauan layanan baik baik dari sisi eksternal maupun internal, serta sistem “OREL” (Otomatisasi Risalah lelang) dan “one schedule for all” yang direalisasikan untuk memperlancar tugas pelayanan lelang. “Kami selalu tertarik dengan inovasi-inovasi yang direalisasikan oleh kantor-kantor di daerah, karena selalu menjadi inspirasi bagi kami”, tukas Imam Syofyan  dan Oding Rifaldi di akhir kunjunganya.

Dengan selesainya tahap penilaian awal lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT), Rina Yulia beserta seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru berharap agar semangat maju demi negara dalam peningkatan kualitas dan kinerja pelayananya akan terus terpelihara. “Salam Samudera!”, demikian KPKNL Pekanbaru menyapa.

(Teks; Chrisnandar, foto: Alief/ Tim Dokumentasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini