Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Kilas Peristiwa
Aksi Solidaritas Bencana Banjir Pekalongan
Siti Rokhayah
Jum'at, 19 Februari 2021   |   251 kali

Aksi Solidaritas Bencana Banjir Pekalongan

Banjir melanda daerah-daerah pesisir pantai utara Pulau Jawa pada beberapa waktu. Hingga saat ini Pekalongan merupakan salah satu daerah yang masih mengalami banjir. Kondisi banjir yang berkepanjangan hingga pada pekan kedua ini tentu membawa dampak bagi warga Pekalongan dan sekitarnya. Banyak warga yang harus terpaksa mengungsi ke daerah-daerah yang dirasa aman dari terjangan banjir. Kondisi jalan-jalan utama pun tidak luput dari genangan air yang pada beberapa bagian tempat meninggi. Beberapa perkantoran mengalami kondisi banjir pula. Banjir juga dirasakan beberapa pegawai KPKNL Pekalongan, bahkan ada yang harus mengungsi ke posko terdekat dengan tempat tinggalnya.


KPKNL Pekalongan menjadi salah satu tempat yang dijadikan posko pengungsian. Para pengungsi yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak kecil ini ditampung di aula KPKNL Pekalongan.  Para pengungsi ini sebagian besarnya  bertempat tinggal tidak jauh dari KPKNL Pekalongan. Meskipun masih berada di pengungsian kadang-kadang mereka kembali ke rumah masing-masing sekedar untuk menengok kondisi rumah mereka. Apabila kondisi memungkinkan untuk pulang mereka pun pulang. Curah hujan yang lebat dalam pekan kedua inipun seperti memunculkan gelombang kedua bencana banjir dan pengungsian.


KPKNL Pekalongan melakukan aksi solidaritas terhadap para pengungsi tersebut dengan melayani mereka terhadap kebutuhan pokok berupa makanan. Dengan melakukan himbauan kepada pengungsi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketika berada di pengungsian yaitu memakai masker dan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Disamping bantuan kebutuhan pokok para pengungsi, aksi solidaritas ini diwujudkan dengan pemberian sembako kepada warga terdampak. Aksi solidaritas yang dilakukan secara spontan ini disambut baik oleh warga.  (Naskah: Siti Rokhayah)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini