Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Kilas Peristiwa
Rangkaian Kegiatan KPKNL Pekalongan, Semarakkan Hari Oeang KE-71
Siti Rokhayah
Senin, 06 November 2017   |   150 kali

Pekalongan - Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Oeang RI yang ke-71 telah dilaksanakan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan. Diawali dengan kegiatan Kemenkeu Mengajar II (KM II) yang secara serentak dilaksanakan di 51 kota yang tersebar diberbagai penjuru wilayah tanah air pada Senin (23/10/2017). Paguyuban Kementerian Keuangan Pekalongan menyelenggarakan kegiatan KM II di SD Negeri Panjang Wetan I Pekalongan yang merupakan salah satu SD favorit di kota batik ini. Pegawai KPKNL Pekalongan, Triyanto dan Agus Purwanto menjadi relawan dalam Kemenkeu Mengajar II bersama-sama dengan relawan lain dari Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Sebelum menuju ke lokasi KM II diadakan briefing oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan Taufik Wijayanto,  Ketua Paguyuban Kementerian Pekalongan. Dalam arahannya Taufik menyampaikan bahwa Kemenkeu Mengajar ini sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan ini tidak membebani APBN karena dananya murni dari relawan. Kepada para relawan, Taufik berpesan karena dalam KM II ini sasarannya adalah murid SD mempunyai tantangan tersendiri dan setelah pelaksanaan kegiatan ini harus diadakan evaluasi untuk kegiatan serupa tahun berikutnya.

Sesampainya di SD Panjang Wetan I Pekalongan, para relawan disambut anak-anak di halaman sekolah dengan penuh keceriaan dan yel-yel. Setelah acara pembukaan selesai, murid-murid masuk ke kelas masing-masing. Triyanto mendapat kesempatan untuk mengajar kelas 5B. Selama 2 jam, Triyanto bergantian dengan Nur Hidayah, dari Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjelaskan salah satu tugas dan fungsi Kementerian Keuangan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi DJKN dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah diterima anak-anak SD. Selama penyampaian materi diselingi dengan ice breaking maupun kuis yang membuat anak-anak semakin bersemangat. Di akhir sesi, Triyanto, menyampaikan materi simulasi lelang kepada anak-anak. Dengan kemampuannya sebagai Pejabat Lelang yang handal, pria asli Sragen ini, mampu membangkitkan keberanian anak-anak untuk memberikan penawaran yang setinggi-tingginya.

Kegiatan selanjutnya dalam rangka memeriahkan hari oeang tahun 2017 ini adalah donor darah yang dilaksanakan Rabu (25/10/2017). KPKNL Pekalongan menjadi tuan rumah untuk kegiatan ini. Sejak pukul 08.00 WIB, petugas dari Palang Merah Indonesia sudah berada di aula KPKNL Pekalongan. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan para pendonor dari satuan kerja Kementerian Keuangan saja akan tetapi juga dari satuan kerja Kementerian/Lembaga yang lain seperti Kepolisian, Lembaga Pemasyarakatan Kota Pekalongan, Rumah Tahanan Kota Pekalongan, Balai Pemasyarakatan Kota Pekalongan dan Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Kota Pekalongan. Turut hadir pula dalam kesempatan itu Kepala KPPN Pekalongan dan Kapolres Pekalongan. Tercatat sebanyak 58 pendonor yang berpartisipasi pada kegiatan itu dan tentunya jumlah tersebut merupakan pendonor yang telah memenuhi syarat dari jumlah pendaftar yang jauh lebih banyak.

Agenda ketiga perayaan hari oeang adalah jalan sehat yang digelar Jum’at (27/10/2017). Kegiatan ini diikuti oleh semua pegawai anggota Paguyuban Kementerian Keuangan Pekalongan serta perwakilan dari perbankan lingkup kota Pekalongan, diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA serta dari Dupantex. Para peserta jalan sehat melewati rute yang dilalui dengan membawa spanduk yang berisi slogan ataupun pesan edukatif dari masing-masing kantor. Start dan finish di KPP Pratama Pekalongan. Acara pagi itu dilanjutkan dengan ramah tamah, sarapan pagi bersama, dan pembagian hadiah. Kegiatan informal seperti ini merupakan salah satu langkah memupuk sinergi yang telah terbangun dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi lingkup Kementerian Keuangan.

Rangkaian kegiatan puncak peringatan Hari Oeang RI ke-71 adalah upacara bendera yang dilaksanakan Senin (30/10/2017). Kegiatan yang sekaligus dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan di halaman KPP Pratama Pekalongan. Pembina Upacara adalah Kepala KPP Pratama Pekalongan, Taufik Wijayanto. Pegawai dari KPKNL Pekalongan mendapat tugas sebagai pembaca Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, yaitu Fathulloh dan Sutari Ema Yarsi.

Dalam kesempatan itu, Pembina Upacara menyerahkan dan menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada beberapa pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan Pekalongan yang secara simbolis diwakili oleh Dwi Yantini (Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Pekalongan), Triyanto (Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pekalongan) dan Kurnia Eka Novianto (Pelaksana KPPBC Pekalongan).

Selaku pembina upacara, Taufik membacakan sambutan Menteri Keuangan pada upacara tersebut. Sesuai tema yang diusung pada Peringatan Hari Oeang ke-71 ini, “Kerja Nyata Membangun Negeri” pidato Ibu nomer satu di Kementerian Keuangan ini, menggelorakan semangat untuk berbuat yang terbaik bagi Kementerian Keuangan sesuai dengan peran masing-masing pegawai.

(Naskah dan Foto : Seksi HI)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini