Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Laku Fantastis, KPKNL Pekalongan Sukses Lelang Bongkaran Pasar Banjarsari Kota Pekalongan
Siti Rokhayah
Rabu, 29 September 2021   |   314 kali

Pekalongan - Rabu (21/09) KPKNL Pekalongan sukses melaksanakan lelang Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kota Pekalongan berupa bongkaran bangunan Pasar Banjarsari yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Kauman, Kota Pekalongan.

Pasar Banjarsari sebelumnya mengalami musibah kebakaran pada 24 Februari 2018, menghanguskan tiga lantai yang terdiri dari pasar tradisional, supermarket dan sarana pendukung lainnya. Setelah terbengkalai dalam waktu yang cukup lama dan tidak dapat difungsikan kembali, bangunan pasar Banjarsari menjadi asset yang tidak dapat dioptimalkan. Oleh karena itu Pemerintah Kota Pekalongan berinisiatif untuk melakukan lelang berupa bongkaran bangunan Pasar Banjarsari.

Pelaksanaan lelang dilakukan secara online pada laman.www.lelang.go.id. Animo masyarakat dalam lelang ini sangat besar terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lelang dan penawaran lelang yang terjadi. Dengan sistem penawaran tertutup (close bidding), harga lelang yang terjadi mengalami kenaikan fantastis mencapai lebih dari 375 persen.

Lelang BMD tersebut dilaksanakan berdasarkan permintaan dari Pemerintah Kota Pekalongan c.q. Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, dengan barang yang dilelang berupa bongkaran bangunan Pasar Banjarsari yang terdiri dari tiga lantai. Sampai dengan batas waktu akhir pelunasan harga lelang, pemenang lelang telah menyelesaikan seluruh kewajibannya.

Kenaikan harga lelang yang cukup fantastis dari harga limit lelang, menjadi salah satu sumber kontribusi penerimaan daerah bagi Pemerintah Kota Pekalongan dan penerimaan negara berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pemerintah Kota Pekalongan menyatakan kelegaan dan kegembiraannya atas hasil dari lelang yang berhasil menjual obyek bangunan bongkaran pasar setelah lebih 3 tahun mengalami musibah kebakaran (Naskah: Siti Rokhayah).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini