Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
OPTIMALKAN PEMANFAATAN BMN, KPKNL PEKALONGAN BAHAS RENCANA KERJA SAMA PEMANFAATAN TERMINAL TIPE A PEKALONGAN
Siti Rokhayah
Jum'at, 16 April 2021   |   172 kali


Pekalongan - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan fasilitas di sejumlah infrastruktur transportasi darat di Indonesia, Kementerian Perhubungan mengajukan permohonan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dengan skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) kepada KPKNL Pekalongan. Permohonan dimaksud untuk pemanfaatan BMN berupa Terminal Tipe A Pekalongan dengan pola pengembangan terminal angkutan transportasi darat terpadu.

 

KPKNL Pekalongan menindaklanjuti permohonan Kementerian Perhubungan tersebut dengan melakukan telaah secara mendalam, yang selanjutnya pada Kamis (15/04) permohonan tersebut dibahas secara virtual (zoom meeting) dengan melibatkan Direktorat Penilaian. Sesuai proposal pengembangan Terminal Tipe A Pekalongan, Kementerian Perhubungan berharap agar BMN yang saat ini dimanfaatkan sebagai terminal trasnportasi darat dapat memiliki nilai lebih dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.

 

KSP merupakan bentuk pemanfaatan BMN yang diharapkan menjadi tulang punggung bagi sumber pendapatan negara dari pengelolaan aset. Hal ini mengingat KSP dapat dijalankan dengan pendekatan bisnis atau komersial secara penuh. Pendekatan bisnis merupakan upaya memaksimalkan potensi aset dalam menghasilkan pendapatan, yang dilakukan dengan pertimbangan saling menguntungkan dan diwujudkan dalam bentuk penetapan skema bagi hasil yang disepakati kedua belah pihak. Skema bagi hasil yang adil dan disepakati masing-masing pihak merupakan prasyarat yang harus dipenuhi agar kerja sama yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

 

Sesuai proposal yang diterima KPKNL Pekalongan, Terminal Tipe A Pekalongan akan dikembangkan untuk :

1.     UMKM Outlet, berupa outlet semacam alun-alun Indonesia yang menjual handyraft, baju, kopi daerah, makanan khas maupun oleh-oleh khas Kota Pekalongan dan sekitarnya.

2.   Open Space yang terhubung dengan UMKM Outlet dan Food Plaza / Food Court. Food court dengan tenant-tenant pilihan khas Kota Pekalongan yang menjadi ikon kuliner dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Batang. Selain menyajikan tenant-tenant pilihan dengan makanan khas Kota Pekalongan dan sekitarnya, food court juga dilengkapi dengan beberapa snack dan ikon kuliner millennial, sehingga menarik minat anak muda dan menjadi tempat nongkrong ikonik.

3.     Sport Center yang berisikan lapangan futsal dan basket, dengan jogging track yang mengelilingi area tersebut.

4.     Amphi Theater yang dapat digunakan sebagai acara kesenian, pameran dan berbagai kegiatan lainnya.

5.    Terminal yang terintegrasikan dengan Amphi Theater, Sport Center, dan Play Ground Anak Outdoor sehingga selain tempat makan, dapat juga sebagai tempat nongkrong bagi seluruh kalangan, baik anak muda ataupun warga yang sedang menikmati sore atau aktivitas di Amphi Theater ataupun Sport Center dan Playground.

 

Setelah melalui telaah mendalam yang dilaksanakan secara virtual, KPKNL Pekalongan selanjutnya akan melakukan penelitian fisik pada Terminal Tipe A Pekalongan guna mengetahui secara terperinci kondisi tanah dan bangunan yang akan dilakukan KSP. Hasil dari KSP diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak, baik pemerintah, investor maupun masyarakat. Selain itu pengembangan Terminal Tipe A Pekalongan diharapkan dapat memacu perekonomian daerah melalui peningkatan layanan transportasi darat dan memberikan Penerimaan Negara Bukan Pajak.


 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini