Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Apresiasi Hasil Evaluasi Penyelenggara Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga Tahun 2020
Siti Rokhayah
Jum'at, 12 Maret 2021   |   219 kali


Apresiasi Hasil Evaluasi Penyelenggara Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga Tahun 2020

KPKNL Pekalongan pada tahun 2020 mengikuti kegiatan Penilaian Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Penilaian kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting pada akhir September 2020 lalu. Acara Apresiasi Atas Hasil Evaluasi Penyelenggara Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga serta Penyampaian Apresiasi Penyelenggara Sarana/Prasarana Pelayanan Publik Kelompok Rentan Tahun 2020 dilakukan secara langsung dan disiarkan melalui kanal YouTube KemenPANRB pada Selasa (09/03/2021). Acara ini dihadiri oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim dan beberapa perwakilan dari unit penerima penghargaan.

Menurut laporan dari Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa, lokus evaluasi EUPP tahun 2020 ini meliputi 55 Kementerian/Lembaga dari seluruh Indonesia. Adapun instrumen yang digunakan dalam melakukan penilaian EUPP meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasana, SIPP, konsultasi dan pengaduan serta inovasi. Hasil penilaian EUPP tahun 2020 berupa indeks pelayanan publik terbagi dalam beberapa kategori yaitu  A diperoleh 6 Unit Pelayanan Publik (UPP),  A- diperoleh sebanyak 26 UPP, B diperoleh sebanyak 15 UPP, B- diperoleh 4 UPP, C diperoleh 2 UPP dan C- diperoleh 1 UPP.  KPKNL Pekalongan berhasil memperoleh indeks A- atau “Sangat Baik”.

Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB juga melaporkan indeks pelayanan Kementerian/Lembaga tahun 2020 sebesar 4,00 sedangkan indeks pelayanan publik nasional sebesar 3,84. Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 maka terjadi kenaikan. Hal ini menunjukkan bahwa penyelenggara pelayanan publik di lingkup kementerian/Lembaga terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pengguna layanan meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Keberhasilan KPKNL Pekalongan ini merupakan hasil kerja dan partisipasi seluruh jajaran KPKNL Pekalongan serta dukungan dari pengguna jasa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya ditengah tuntutan capaian kinerja terkait tugas dan fungsi KPKNL.  (Naskah : Siti Rokhayah).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini