Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL PEKALONGAN MERAIH PENGHARGAAN PRESTISIUS BERUPA PREDIKAT WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI DARI KEMENPAN-RB
Siti Rokhayah
Selasa, 22 Desember 2020   |   204 kali


KPKNL PEKALONGAN MERAIH PENGHARGAAN PRESTISIUS BERUPA PREDIKAT WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI DARI KEMENPAN-RB

 

Diakhir pengujung akhir tahun, KPKNL Pekalongan memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) 2020 yang dilaksanakan secara langsung dan daring/virtual di Kementerian PANRB tepatnya Senin tanggal 21 Desember 2020. Dalam kegiatan apresiasi dan penganugerahan tersebut Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengikutsertakan 23 unit kerja untuk penilaian WBK dan 5 unit kerja untuk penilaian WBBM, dari keseluruhan unit kerja yang diusulkan kesemuanya memperoleh predikat yang diharapkan termasuk KPKNL Pekalongan yang pada kesempatan ini memperoleh predikat WBBM dari Kemenpan-RB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, memberikan piagam penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kepada 763 unit kerja. Penyerahan penghargaan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'aruf Amin, yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut secara daring (virtual), mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada unit kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM.

Penyerahan predikat WBK/WBBM ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak bulan Agustus 2020. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas. Predikat WBBM yang diperoleh KPKNL Pekalongan adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pimpinan unit kerja pelayanan serta jajarannya dipastikan harus sudah melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis, dan bekelanjutan. Melalui reformasi birokrasi yang merupakan salah satu  pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia Maju, KPKNL Pekalongan berperan serta untuk menyukseskan program tersebut melalui perolehan predikat WBBM. Diharapkan predikat ini dapat terus dipertahankan dan menjadi inspirasi agar aparatur sipil negara dapat bertugas dengan baik sehingga reformasi birokrasi dapat terselenggara dengan baik. Sesuai dengan grand design Reformasi Birokrasi, setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. Unit kerja peraih WBK dan WBBM harus mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di lingkungan kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Selamat kepada KPKNL Pekalongan yang telah memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2020. (Naskah & Foto : Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Pekalongan).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini