Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penilaian Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Pada KPKNL Pekalongan
Siti Rokhayah
Selasa, 27 Oktober 2020   |   135 kali


Penilaian Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani  

Pada KPKNL Pekalongan


Senin, 26 Oktober 2020 Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan penilaian Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani  (WBBM) Pada KPKNL Pekalongan.

Kepala KPKNL Pekalongan, Jati Wiryawan dalam sambutan pembukaan, menyatakan bahwa pembangunan ZI pada KPKNL Pekalongan dilakukan seiring dengan upaya peningkatan kualitas layanan dan predikat WBBM bagi KPKNL Pekalongan mempunyai makna peningkatan kualitas layanan dan kualitas kinerja.

Sementara itu, Samsul Alam, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) selaku perwakilan dari Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, menyatakan bahwa mindset dan perilaku dari para pegawai KPKNL Pekalongan telah mencerminan predikat WBBM sehingga tidak berlebihan apabila pada tahun ini menarih harapan berhasil memperoleh predikat tersebut.

Dalam paparan Pembangunan ZI WBBM, Jati Wiryawan menyampaikan bahwa KPKNL Pekalongan mempunyai beberapa keunggulan yaitu telah memperoleh predikat WBK pada tahun 2018, pengakuan Internasional sertifikat ISO 9001:2015 atas manajemen mutu layanan, adanya inovasi yang telah direplikasi secara nasional, menjadi trigger dan role model bagi satuan kerja lain baik lingkup Kementerian Keuangan maupun di luar Kementerian Keuangan, kantor yang telah mengimplementasikan pengarusutamaan gender (PUG) serta KPKNL Pekalongan mendapat kepercayaan dari Kantor Pusat DJKN untuk mengikuti empat agenda penilaian sekaligus pada tahun 2020 yaitu penilaian WBBM, Kantor Pelayanan Terbaik Tingkat Kementerian Keuangan, Evaluasi Unit Pelayanan Publik dan Penataan Arsip. Disamping itu pula raihan prestasi membanggakan baik regional, nasional maupun internasional berhasil diperoleh oleh KPKNL Pekalongan melalui para pegawainya.

Beragam inovasi telah dikembangkan baik untuk meningkatkan kemudahan layanan maupun untuk mempersingkat standar operasional prosedur.  Inovasi Validasi PPh merupakan inovasi terbaik DJKN tahun 2018 dan telah direplikasi secara nasional pada tahun 2020. Inovasi ini telah memberikan kemudahan kepada pemenang lelang sehingga mempersingkat waktu dan biaya. Selain hal tersebut merupakan wujud sinergi KPKNL Pekalongan dengan Kantor Pelayanan Pajak.   Inovasi S3 (Sewa Sepuluh hari Selesai), One Day Clear dan  Cash On Same Day merupakan inovasi yang dibuat untuk mempersingkat standar operasional prosedur. Aplikasi Sip Sakpore yang dikembangkan dengan berbasis android memudahkan pengguna layanan baik untuk keperluan konsultasi, membuat janji, pemberian informasi maupun untuk menyampaikan pengaduan. Sejumlah inovasi tersebut disertai dengan upaya untuk menjaga integritas dengan adanya penandatanganan Pakta Integritas bagi pegawai yang akan menjalankan tugas teknis lapangan yaitu Pelelang, Juru Sita dan Penilai. Pakta Integritas ditanda tangani oleh kedua belah pihak untuk memastikan bahwa dalam memberikan pelayanan terbebas dari gratifikasi dan semacamnya.

Berbagai lompatan atau kedeltaan dari upaya Pembangunan ZI WBK menuju WBBM telah dilakukan, meliputi dua belas kedeltaan yaitu kampanye Pembangunan ZI WBBM dilakukan secara masif, pengendalian gratifikasi melibatkan pengguna layanan, informasi lebih mudah di akses, standard pelayanan dibuat dan dipublikasikan, pengelolaan pengaduan dipublikasikan tindak lanjutnya, adanya inovasi baru yang telah direplikasi, knowing your employee telah dikembangkan cakupannya, knowing your customer dengan melakukan pemetaan pengguna layanan, Nilai Kinerja Organisasi meningkat, Nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) meningkat, keikutsertaan pada KPT dan EUPP sebagai bukti atas kinerja dan layanan serta kontributor  pilihan pada youtube chanel DJKN terkait video peniuan lelang. Keseluruhan upaya Pembangunan ZI ini selaras dengan capaian kinerja dengan dibuktikan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Pekalongan berhasil memperoleh nilai tertinggi pada Semester I dan Triwulan III tahun 2020 ini pada lingkup Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dengan capaian Hijau pada semua Indikator Kinerja Utama (IKU). Hal yang lebih membanggakan lagi adalah capaian di bidang lelang dimana target lelang telah berhasil melampaui target untuk pertama kalinya sejak KPKNL Pekalongan berdiri.

Kondisi pandemi Covid-19, tidak mempengaruhi dalam pemberian layanan kepada para pengguna jasa. Atas inisiatif para agen perubahan telah dikembangkan layanan Area Pelayanan Terpadu (APT) Virtual.

Dalam kegiatan penilaian ini, TPN menggali lebih detail terkai NKO yang telah berhasil mencapai target, upaya sinergi dan kolaborasi yang telah dan akan dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja dan layanan serta peran KPKNL Pekalongan dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KPKNL Pekalongan telah memberikan kontribusi nyata melalui lelang produk UMKM, pengelolaan anggaran dengan melakukan pembelanjaan pada sektor UMKM dan peran agen perubahan dalam memberikan layanan konsultasi laporan keuangan pada pelaku usaha UMKM.

Diskusi dengan TPN berlangsung menarik dan mendapat tanggapan dari Kepala KPKNL Pekalongan, dari para koordinator komponen pengungkit Pembangunan ZI serta agen perubahan. Kegiatan penilaian diakhiri dengan peninjauan sarana dan prasarana. (Naskah dan Foto : seksi Hukum dan Informasi).


 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini