Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan Goes To School : Jaga Aset Negara
Siti Rokhayah
Selasa, 30 Juli 2019   |   243 kali


Pekalongan-KPKNL Pekalongan menyelenggarakan kegiatan branding dan public campaign pengendalian gratifikasi dengan tajuk “KPKNL Pekalongan Goes To School” di SMA Negeri I Pekalongan, Jl. R.A. Kartini No. 39 Pekalongan pada Senin (29/07). Kepala KPKNL Pekalongan, Jati Wiryawan turut hadir dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya Jati Wiryawan, sekilas menyampaikan gambaran umum tentang KPKNL Pekalongan, cerita singkat karirnya pada Kementerian Keuangan untuk membangkitkan motivasi siswa serta menanamkan pentingnya menjaga integritas terutama bagi kaum milenial yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Quote dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, “Jangan Pernah Lelah Mencintai Negeri Ini” disampaikan Pak Jati, begitu biasa disapa, mengakhiri sambutannya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri I Pekalongan, Sulikin, M.Pd menyambut positif acara yang digelar disekolahnya dan berharap agar anak-anak didiknya bisa menimba ilmu dari kegiatan ini. Senada dengan penanaman nilai-nilai integritas, Sulikin menyampaikan bahwa pihaknya tengah berupaya menanamkan pentingnya menjaga perilaku/karakter/attitude para siswa. Lebih lanjut, pria berkaca mata inipun tidak keberatan apabila para siswa ikut terlibat pada kegiatan teknis di lapangan, seperti pada saat penilaian dan lelang untuk menambah wawasan.


 Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi pengelolaan kekayaan negara termasuk di dalamnya tentang penilaian, pengurusan piutang negara dan lelang, disampaikan secara sederhana tetapi detail disertai contoh kongkret yang mudah diterima oleh para siswa. Gunawan Kurnia Satriadi memandu kuis dan game pada sela-sela sesi acara. Game “Civil War” yang dipandunya mampu menghidupkan suasana sekaligus menyampaikan pesan dalam membangun dan menjaga aset negara. Gunawan tak lupa memberikan motivasi dan menekankan nilai-nilai kejujuran serta kerja keras kepada para siswa yang sebagian besar berkeinginan melanjutkan pendidikan di PKN STAN.


 Materi simulasi lelang menjadi bagian akhir pada kegiatan hari ini. Pelelang KPKNL Pekalongan, Ery Subagio dan Lely Noor Janna memimpin jalannya simulasi lelang konvensional. Sejumlah jersey dari club-club sepak bola dunia disimulasikan dalam lelang ini dan berhasil menembus angka fantastis. Keseluruhan hasil dari simulasi lelang ini disumbangkan untuk kas OSIS SMA N I Pekalongan. Teriakan yel-yel slogan kebanggaan sekolah dan antusiasme para siswa terlihat dari awal hingga berakhirnya kegiatan goes to school ini. (Narasi & Foto : seksi Hukum dan Informasi)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini