Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
In House Trainning KPKNL Pekalongan : Memenuhi Harapan Dan Melebihi Ekspektasi Para Pengguna Layanan
Siti Rokhayah
Rabu, 27 Maret 2019   |   288 kali

Pekalongan-Dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai di bidang pelayanan, KPKNL Pekalongan menyelenggarakan In House Training dengan tema “Pelayanan Prima” pada Rabu (27/03/2019) di Ruang Rapat KPKNL Pekalongan. Acara ini menghadirkan nara sumber dari P.T. BNI (Persero) Cabang Pekalongan, Heru Kurniawan dan Triwik Marhaeni.

Marhaeni Rumiasih, Kepala KPKNL Pekalongan dalam awal sambutan pembukaannya mengutip qoute Robert Kiyosaki, people without faith, courage and vision often do not see the change that are coming until its too late, “jika kita tidak punya keberanian untuk melaksanakannya visi tidak akan pernah jalan”. Lebih lanjut, Marhaeni menyatakan bahwa meskipun orientasi pelayanan yang diberikan oleh pihak P.T. BNI berbeda dengan KPKNL akan tetapi kita bisa mengambil contoh sikap yang diberikan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah (pengguna layanan_red). “Kita harus mulai berubah dalam memberikan pelayanan. Kita harus mulai berfikir untuk bisa memberikan pelayanan secara cepat dan sederhana sehingga pengguna layanan merasa puas” demikian ditegaskan Marhaeni mengakhiri sambutannya.

Heru Kurniawan sebagai Pemimpin Bidang Pelayanan Nasabah pada P.T. BNI (Persro) Cabang Pekalongan memaparkan sebagai lembaga keuangan tentunya orientasi pelayanan BNI adalah profit oriented sehingga dalam memberikan pelayanan, kepuasan nasabah adalah hal yang utama. Semua lini dalam organisasi dari pimpinan sampai tingkatan paling bawah sekalipun bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Pada prinsipnya dalam memberikan pelayanan, orientasinya adalah kepuasan nasabah bahkan bisa melebihi ekspektasi nasabah. Hal ini bisa dicapai apabila dalam bekerja dilandasi dengan semangat bahwa melayani adalah membantu orang dan bernilai ibadah. Langkah- langkah dalam memberikan pelayan prima/service excellent yaitu memberikan pelayanan setulus hati, memenuhi pengharapan penerima layanan dan menanggapi keluhan. Pria berkaca mata ini, menjelaskan sikap dari pemberi layanan yang dimulai dengan memberikan sambutan kepada tamu yang datang dengan sikap berdiri di samping meja, senyum, kontak mata memberikan solusi atas keluhan,  tawaran bantuan lainnya dan ucapan terima kasih adalah hal yang mutlak harus dilakukan.

Sesi berikutnya yang paling menarik dalam acara ini adalah grooming yang disampikan oleh Triwik Marhaeni. Wanita yang sehari-hari bertugas sebagai Pemimpin PT BNI Cabang Pembantu Wiradesa Kabupaten Pekalongan ini, menjelaskan tentang arti penting sebuah penampilan. Penampilan tidak hanya melulu menyasar kaum hawa akan tetapi kaum adam pun tidak boleh melupakan akan pentingnya penampilan. Pentingnya penampilan terlebih untuk hal-hal yang bersifat pribadi dikupas oleh wanita berpenampilan energik ini. Personal look pegawai mencerminkan organisasi keseluruhan sehingga pegawai terutama para petugas front office menjadi wajah bagi kantor. Dalam hal ini peran petugas satuan pengamanan (Satpam) yang menjadi garda terdepan baik penampilan  dan sikap juga harus menjadi perhatian penting.  Acara ini disambut dengan sangat antusias dari para pegawai, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan pernyataan yang mengemuka. (Narasi & foto : seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini