Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala KPKNL Pekalongan: Tampilkan Orisinalitas KPKNL Pekalongan
Siti Rokhayah
Rabu, 29 Agustus 2018   |   811 kali

Penilaian Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tingkat Satuan Kerja Vertikal Lingkup Kementerian Keuangan Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 di aula KPKNL Pekalongan, Jl.Sriwijaya Nomor 1 Pekalongan. KPKNL Pekalongan merupakan satu-satunya wakil dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam lomba tersebut sesuai dengan penunjukan dari Sekretaris DJKN beberapa waktu lalu.

Dukungan penuh dari jajaran Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY serta Kantor Pusat DJKN pada KPKNL Pekalongan dalam penilaian lomba PUG ini terlihat dari kehadiran Kepala Kanwil berikut jajarannya yang terdiri dari, Kepala Bidang Lelang dan Kepala Sub Bagian Keuangan,  para Kepala KPKNL dan Kepala Subagian Umum dilingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY serta perwakilan dari Sekretariat Kantor Pusat DJKN.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sambutan Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY, Tavianto Nugroho yaitu merubah mind set atau pola pikir bahwa PUG menjadi bagian dari proses bisnis DJKN dan implementasi PUG berkelanjutan tidak hanya berhenti setelah penilaian kali ini. Lomba ini, diharapkan menjadi parameter apakah yang sudah dilakukan terkait dengan implementasi PUG ini sesuai atau tidak.

Jajaran Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY memberikan apresiasi atas semangat yang tinggi terhadap KPKNL Pekalongan  dalam keikutsertaannya mengikuti lomba implementasi PUG tahun 2018. Harapan besar agar KPKNL Pekalongan menjadi juara dalam lomba ini,  mengakhiri sambutan Kepala Kanwil. Sebelum acara inti dimulai para srikandi cantik KPKNL Pekalongan menyuguhkan hiburan tradisional berupa tarian daerah, yaitu Tari Batik Jlamprang.

Juri dalam penilaian lomba implementasi PUG tahun 2018 di KPKNL Pekalongan ini terdiri dari para pakar gender, yaitu Yulfita Rahardjo dan Yurni Satria serta dari Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Suroso, Kepala Bagian Perencanaan pada Biro Perencanaan dan Keuangan. Kriteria penilaian lomba implementasi PUG meliputi kebijakan responsif gender, pemahaman PUG serta sarana prasarana responsif gender.

Penilaian dimulai dengan presentasi Kepala KPKNL Pekalongan, Marhaeni Rumiasih mengenai kebijakan responsif gender yang telah dijalankan oleh KPKNL Pekalongan. Mengawali presentasinya, ibu yang biasa disapa  dengan ibu Heni ini memperkenalkan konsep dan lay out yang diusung KPKNL Pekalongan dalam menghadapi penilaian ini, yaitu tak lain ingin menampilkan orisinalitas KPKNL Pekalongan, bahwa segala bentuk kegiatan dan dokumentasi implementasi PUG ini dilakukan oleh internal pegawai KPKNL Pekalongan. Secara runut dan lugas, Marhaeni Rumiasih memaparkan kegiatan-kegiatan implementasi PUG yang mulai dilakukan pada akhir tahun 2017 lalu yang diawali dengan pembentukan Pokja Implementasi PUG, pembentukan Duta PUG, benchmarking ke KPKNL Serang, internalisasi dan sosialisasi PUG serta serangkaian kegiatan implementasi PUG sesuai dengan data terpilah analisa gender yang tertuang dalam Gender Analysis Pathway (GAP).

Dengan komitmen dan dukungan penuh dari Kantor Wilayah dan Kantor Pusat DJKN, Marhaeni Rumiasih menegaskan implementasi PUG pada KPKNL Pekalongan akan tetap berkelanjutan meskipun terdapat pergantian kepemimpinan dan  pegawai. “KPKNL Pekalongan siap menjadi role model implementasi PUG bagi KPKNL diseluruh wilayah Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY khususnya dan bagi KPKNL di seluruh Indonesia serta satuan kerja lain. Hal ini dibuktikan salah satunya dengan kunjungan Kepala KPP Pratama Pekalongan pada beberapa pekan sebelumnya terkait dengan implementasi PUG di KPKNL Pekalongan,” pungkas Marhaeni Rumiasih mengakhiri presentasi.

Pada bagian kedua penilaian, dilakukan tanya jawab pemahaman seputar PUG. Suroso menyampaikan bahwa lomba imlementasi PUG ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana implementasi PUG di daerah. Disampaikan pula bahwa Kementerian Keuangan telah mendapatkan penghargaan dari Presiden atas implementasi PUG di Kementerian Keuangan yaitu Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Mentor tahun 2016 dan 2017. Harapan yang sama pula untuk tahun 2018, Kementerian Keuangan bisa mendapatkan penghargaan serupa. Bagian kedua penilaian ini merupakan saat yang paling ditunggu oleh seluruh jajaran pegawai KPKNL Pekalongan tak terkecuali para pegawai non ASN. Pemahaman seputar PUG dan implementasinya ditanyakan oleh dewan juri secara bergantian. Dengan persiapan yang cukup melalui program sinaubarengPUGsabendinone, para pegawai KPKNL Pekalongan berhasil menjawab pertanyaan dari dewan juri.  

Setelah sesi tanya jawab dirasa cukup oleh dewan juri, dilanjutkan dengan peninjauan sarana dan prasarana responsif gender yang merupakan bagian akhir penilaian lomba implementasi PUG. Dengan didampingi oleh Kepala KPKNL Pekalongan serta para Kepala Seksi, dewan juri meninjau satu per satu sarana prasarana responsif gender yang telah dibangun oleh KPKNL Pekalongan yang terdiri dari sarana parkir prioritas, pintu masuk prioritas, ruang tunggu prioritas, ruang kinerja, toilet prioritas, ruang laktasi, playground, perpustakaan, coffee corner, toilet responsif gender, tangga yang aman, meet point, jalur evakuasi, taman, ruang olah raga, ruang inspirasi dan outdoor smart office. (Naskah dan Foto : seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini