Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Implementasi Kegiatan Pengarusutamaan Gender KPKNL Pekalongan
Siti Rokhayah
Kamis, 28 Juni 2018   |   567 kali


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan mendukung implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Hal ini dibuktikan dalam semua program, kebijakan dan kegiatan telah berperspektif gender yang artinya responsif terhadap kebutuhan, pengalaman dan aspirasi baik laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak, diable maupun difable, untuk mencapai kesetaraan atau manfaat yang adil.

Implementasi  kegiatan PUG pada KPKNL Pekalongan tidak hanya diwujudkan dalam pembangunan sarana dan prasarana yang responsif gender akan tetapi meliputi beberapa kegiatan seperti pembentukan Tim Implementasi PUG dan Duta PUG, membuat kebijakan PUG dan mengimplementasikannya, memberikan pemahaman tentang PUG dalam bentuk internalisasi, sosialisasi dan sinau bareng via grup serta kegiatan implementasi PUG.

Serangkaian kegiatan implementasi PUG yang dilaksanakan meliputi olah raga bersama, donor darah, peduli lingkungan/go green, KPKNL Pekalongan Bertilawah, pemeriksaaan kesehatan, sosialisasi kesehatan reproduksi, sosialisasi bahaya narkoba, parenting, sosialisasi dan pelatihan pemadaman kebakaran, kultum Ramadan, day care dan penyediaan rest area bagi pemudik selama libur lebaran 1439 H.

Olah raga bersama yang diikuti seluruh pegawai KPKNL Pekalongan secara rutin digelar setiap hari Jum’at meliputi senam, jalan sehat dan badminton.  Sementara itu kegiatan peduli lingkungan diwujudkan dalam bentuk aksi pungut sampah dan tanam pohon. Program go green juga digalakkan dalam bentuk penghematan penggunaan air dan listrik, penghematan alat tulis kantor (ATK) serta kegiatan tamanisasi. Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, digelar aksi donor darah yang tidak hanya diikuti oleh internal pegawai akan tetapi juga melibatkan partisipasi beberapa satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Pekalongan. Sebagai kelanjutan dari DJKN Bertilawah, KPKNL Pekalongan juga telah menyelenggarakan KPKNL Pekalongan Bertilawah, dengan kegiatan One Week One Juz.

Kegiatan di bidang kesehatan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan sosialisasi kesehatan reproduksi dilaksanakan dengan bekerja sama dengan salah satu  laboratorium di kota Pekalongan, yang telah memperoleh setifikat ISO 9001:2015. Tema dalam sosialisasi kesehatan reproduksi tersebut mengenai deteksi dini kanker serviks yang dibawakan oleh dr. Niko Yuandi.

Sosialisasi penyalahgunaan narkotika menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional Batang. Dari kegiatan ini diharapkan setiap pegawai memahami bahaya penyalahgunaan narkoba, yang tidak hanya meliputi narkotika dan psikotropika saja akan tetapi juga penggunaan zat adiktif lainnya, seperti pemakaian obat yang dijual bebas dipasaran dengan pemakaian dosis yang berlebihan.  Yuni Gunawan, penyuluh pada BNN Batang ini memaparkan bahwa kondisi saat ini, Indonesia dalam darurat narkoba dan kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk pembangunan non fisik. Setelah mendapatkan materi, diharapkan setiap pegawai dapat menyebarkan informasi tersebut kepada orang-orang terdekat dan juga menjadi self reminder bagi pegawai yang bersangkutan.

Dalam kegiatan parenting, diisi sosialisasi parenting dengan menghadirkan Psikolog dari RS Umum Bendan Kota Pekalongan, Anita Rahmawati. Anita, menyampaikan bahwa peran orang tua dalam pengasuhan anak, tidak membedakan gender. Pria dan wanita memiliki fungsinya masing-masing. Dibutuhkan metode parenting yang tepat bagi orang tua, mengingat orang tua memiliki harapan dan kesempatan kepada anak. Idealnya antara harapan dan kesempatan ini seimbang, akan tetapi pada kenyataannya, harapan lebih besar daripada kesempatan karena sebagian besar waktu yang dimiliki oleh orang tua untuk bekerja. “Pola asuh yang tepat memiliki pengaruh yang besar bagi masa depan anak-anak kita,” demikian diungkapkan Anita lebih lanjut.

Bulan puasa tak menyurutkan semangat para pegawai KPKNL Pekalongan untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan pemadaman kebakaran. Materi sosialisasi disampaikan oleh staf Pemadam Kebakaran Kota Pekalongan, Suwardai. Setelah sosialisasi, para pegawai mendapatkan kesempatan untuk praktek memadamkan api yang dilaksanakan di halaman depan kantor. Selama praktek pemadaman berlangsung, keberanian srikandi-srikandi KPKNL Pekalongan dalam praktek pemadaman api ini, tidak diragukan lagi.

Dalam rangka mengisi Ramadhan 1439 H, KPKNL Pekalongan juga menyelenggarakan kultum Ramadhan yang diadakan setiap pekan sekali pada hari Jum’at setelah agenda tilawah bersama yang diadakan di musola. Pencanangan One Day One Juz, selama Ramadhan berjalan sesuai rencana. Masih dalam rangka siar Ramadan, KPKNL Pekalongan menyelenggarakan buka bersama yang dihadiri oleh Kakanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY sekaligus dalam rangka pembinaan pegawai.

Menyikapi kebutuhan pegawai dan stakeholder terhadap pengasuhan anak selama libur lebaran 1439 H, KPKNL Pekalongan menyelenggarakan Program Day Care. Kegiatan ini berlangsung sepekan sebelum dan setelah libur lebaran. Tak pelak program ini sangat bermanfaat terutama bagi para pegawai.

Sementara itu, keberadaan rest area yang disediakan khusus bagi pemudik yang melintas di jalur Pantura, menghadapi arus balik pada libur lebaran tahun ini dimanfaatkan oleh beberapa pemudik. Pemudik memanfaatkan rest area yang telah disediakan di aula KPKNL Pekalongan untuk beristirahat. Disamping itu juga tersedia toilet dan mushola yang berada di luar bangunan utama gedung KPKNL Pekalongan. (Narasi & Foto : seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini