Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Video Conference Dialog Kinerja Organisasi Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta
Siti Rokhayah
Senin, 15 Januari 2018   |   164 kali

Pekalongan - Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengadakan video conference (Vicon) Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan IV Tahun 2017 dengan semua jajaran Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang ada diwilayahnya meliputi KPKNL Yogyakarta, KPKNL Purwokerto, KPKNL Tegal, KPKNL Pekalongan, KPKNL Semarang dan KPKNL Surakarta.

Poin pembahasan dalam vicon sesuai dengan kerangka DKO adalah review capaian kinerja tahun 2017. Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Tavianto Noegroho menyampaikan apresiasinya atas capaian tahun 2017. Berdasarkan peta strategis Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang terbagi dalam 12 Sasaran Strategis meliputi 21 Indikator Kinerja Utama (IKU) berhasil melebihi target yang telah ditetapkan, kecuali 1 IKU yang belum berhasil mencapai target yaitu Persentase Obyek BMN Yang Telah Direvaluasi.

Pak Tav, sapaan akrab pria asli Semarang ini, menyampaikan wejangan, agar tetap antusias, jaga kesehatan dan di era digitalisasi ini teknologi harus dikuasai untuk menunjang tugas dan fungsi kantor. Satu per satu Kepala KPKNL, menyampaikan paparan, pendapat dan tanggapan terhadap capaian tahun 2017.

Kepala KPKNL Pekalongan, Marhaeni Rumiasih yang didampingi Kepala Sub Bagian Umum dan para Kepala Seksi memaparkan terkait IKU yang tidak berhasil mencapai target yaitu Persentase Hasil Lelang. Usaha maksimal telah dilakukan oleh jajarannya, bahkan sampai akhir tahun tetap dilaksanakan lelang, akan tetapi hal itu belum berhasil mendongkrak capaian. Beberapa hal yang menjadi kendala yaitu banyaknya lelang yang Tidak Ada Peminat (TAP), frekuensi pembatalan lelang dari pemohon lelang cukup tinggi serta berkurangnya lelang permohonan dari Perum Perhutani. Sementara itu dalam pekan Vendu Reglement/Auction Week, Marhaeni menyampaikan bahwa puncak kegiatan itu akan diisi dengan lelang sukarela. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Marhaeni, beberapa Kepala KPKNL menyampaikan hal yang sama terkait tidak tercapaianya IKU Persentase Hasil Lelang.

Menanggapi paparan para Kepala KPKNL, masing-masing Kepala Bidang pada Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, juga memberikan tanggapan khususnya dari Bidang Lelang, Bidang Pengelolaan Kekayaaan Negara (PKN) dan Bidang Penilaian. Kepala Bidang Lelang Prastowo Soebagio menyampaikan bahwa tidak tercapainya IKU persentase Hasil Lelang bukan merupakan pencerminan tidak adanya effort dari insan lelang. Usaha telah dilakukan secara maksimal. Menghadapi target tahun 2018, Prastowo menyampaikan penuh dengan optimisme dengan beberapa agenda telah disiapkan oleh Bidang Lelang.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Bidang PKN Samsul Alam dan Kepala Bidang Penilaian C. Chrisnan Hersugiprajoko kepada seluruh jajaran KPKNL atas pelaksanaan revaluasi BMN tahun 2017. Menyikapi capaian Revaluasi BMN yang ber-status Kuning, Samsul menyatakan bahwa secara kualitas capaian Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta layak untuk diapresiasi. Sedangkan Chrisnan, menyampaikan pentingnya menjaga kualitas laporan penilaian.

Mengakhiri kegiatan vicon iniKepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menyampaikan bahwa pembahasan DKO melalui vicon ini dirasa efektif dan efisien. Mengenai penyusunan Kontrak Kinerja Tahun 2018, Pak Tav menekankan penyusunan IKU yang berkualitas. (Naskah & Foto : Seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini