Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan Sosialisasikan Tindak Lanjut Revaluasi BMN
Siti Rokhayah
Selasa, 31 Oktober 2017   |   271 kali

Pekalongan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan  menyelenggarakan sosialisasi Penilaian Kembali Barang Milik Negara (Revaluasi BMN) Senin, (23/10/2017). Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di aula KPKNL Pekalongan, Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan.

Sebelumnya pernah dilaksanakan sosialisasi, namun tujuan pelaksanaannya adalah  untuk mengenalkan revaluasi BMN sekaligus bimbingan teknikepada para satuan kerja (satker). Sosialisasi kali ini merupakan tindak lanjut atas pelaksanaan revaluasi yang tengah berjalan. 

Acara yang dihadiri oleh 37 satuan kerja ini dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Agus Kurniawan. Agus bertugas mengkoordinir proses pelaksanaan revaluasi BMNAgus, memberikan apresiasi atas kerja sama yang diberikan oleh satker yang hadir pada acara tersebut. Lebih lanjut, Agus menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini, revaluasi  BMN KPKNL Pekalongan  telah mencapai 715 NUP atau sebesar 106,40% dari 672 target yang ditetapkan. “Capaian ini bukan semata-mata kerja Tim Penilai KPKNL Pekalongan, namun juga merupakan kerja bersama antara Tim Penilai KPKNL Pekalongan dengan tim inventarisasi satker,” ujarnyaIa juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang diberikan oleh para satker. Berkat bantuan para satker capaian progres revaluasi BMN pada KPKNL Pekalongan sangat memuaskan.

Sesi pertama yaitu pemaparan mengenai alur tindak lanjut revaluasi BMN disampaikan oleh Aji Poerwono, dari seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN). Sebelum pemaparan dimulai, Aji aktif menanyakan dan membersolusi atas permasalahan yang dihadapi satker dalam melakukan inventarisasi. Aji menyampaikan bahwa inti dari tindak lanjut revaluasi BMN berupa penyesuaian koreksi nilai dan data hasil penilaian pada Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga. Koreksi data yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga akan dijadikan acuan sebagai dasar penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat  (LKPP).

Sesi selanjutnya adalah updating data SIMAK dan Plug in SIMAN BMN serta rekonsiliasi tindak lanjut hasil inventarisasi dan penilaian yang dipandu oleh Tavip Supriyanto dari seksi PKN. Updating data dilakukan guna pemutakhiran atau penyesuaian nilai dan data hasil revaluasi BMN pada SIMAK BMN dan dilanjutkan dengan rekonsiliasi BMN yang telah diinventarisasi, input laporan penilaian dan terakhir penandatangan Berita Acara Inventarisasi dan Penilaian (BAIP).

Acara berlangsung dari pukul 09.00 s.d 16.00 WIB. Anggota tim dari masing-masing satker tampak antusias pada acara tersebut. Masing-masing dari mereka tidak segan-segan bertanya jika terdapat kendala dalam melakukan inventarisasi.  KPKNL  Pekalongan dan para satker bahu-membahu kerja bersama dan bersinergi demi mewujudkan revaluasi BMN agar selesai tepat waktu. (teks/foto : seksi PKN/HI)

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini