Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knownledge Sharing Peraturan Lelang
Gunawan Raharjo
Selasa, 22 Agustus 2017   |   148 kali

Pagi itu Jumat 18 Agustus 2017, cuaca cerah menyelimuti Kota Pekalongan. Bagi sebagian kalangan dianggap sebagai hari kecepit nasional plus sebagai hari pendek. Namun itu tidak mempengaruhi aktivitas pegawai KPKNL Pekalongan. Seperti biasanya, aktivitas di hari Jumat diawali dengan kegiatan olahraga dimana kali ini senam bersama dipilih sebagai menunya. Senam yang diikuti oleh pegawai dan honorer ini mengambil tempat di Aula KPKNL Pekalongan dan dimulai pada pukul 07.15 WIB. Dengan senam diharapkan selain untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus juga sebagai sarana refreshing setelah selama 1 minggu bekerja.


Setelah olahraga bersama, agenda hari itu adalah sosialiasi di bidang lelang yang dibawakan oleh Ery Subagiyo (staf pada Seksi Pelayanan Lelang sekaligus Pejabat Lelang) dengan didampingi oleh Triyanto selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pekalongan. Adapun materi yang dibawakan adalah hasil dari mengikuti acara Rapat Kerja Terbatas Bidang Lelang Tahun 2017 di Jakarta pada tanggal 25 sd 28 Juli 2017 dan Sosialiasi Perdirjen nomor tentang Risalah Lelang dan PMK 38/PMK.06/2017 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pelelang yang diadakan di Denpasar tanggal 8 sd 11 Agustus 2017.

 

Dalam paparannya Ery membawakan butir-butir Rakertas Lelang yang mengusung tema “Lelang, Inovasi Tanpa Henti” dimana salah satu butirnya adalah berusaha untuk semakin memasyarakatkan lelang sehingga lelang mampu menjadi pilihan masyarakat dalam jual beli. Adapun upaya yang ditempuh antara lain aktif dalam kegiatan umum (car free day,kuliah umum,dsb). Adapun upaya lain adalah dengan meminimalisasi risiko penjualan lelang dengan memanfaatkan mitigasi resiko.

 

Pada sesi selanjutnya yaitu paparan Perdirjen tentang Risalah Lelang, disampaikan penyederhanaan dalam pembuatan Risalah Lelang, khususnya lelang Tidak Ada Peminat. Dengan adanya penyederhanaan ini diharapkan pembuatan Risalah Lelang dapat cepat selesai serta mengurangi ruang untuk penyimpanan. Adapun untuk lelang yang laku terdapat beberapa penyempurnaan khususnya dalam mengikuti perkembangan jaman. Terkait dengan Jabatan Fungsional Pelelang saat ini Kantor Pusat DJKN terus melakukan penyempurnaan dalam menyongsong implementasinya. Dalam kegiatan ini juga diadakan tanya jawab antara peserta dan pemateri. Pada sesi tanya jawab tersebut berlangsung dengan menarik karena peserta yang aktif akan mendapatkan doorprize.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini