Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mantap! Gunakan e-Auction Hasil Lelang Meroket
Siswanto
Selasa, 22 Agustus 2017   |   792 kali

Pekalongan – Jumat, 18 Agustus 2017, KPKNL Pekalongan melaksanakan lelang milik Lapas kelas II A Pekalongan melalui internet menggunakan aplikasi e-auction.

Pelaksanaan lelang tersebut dilakukan dengan mekanisme penawaran terbuka (open bidding), dimana para peserta lelang dapat melihat kenaikan harga penawaran yang diajukan oleh peserta lelang lainnya.

Barang-barang yang dilelang yaitu dua sepeda motor Suzuki tahun 1975, satu sepeda motor Suzuki tahun 1996, dan satu mobil Holden Belmont tahun 1975. Keempat barang tersebut laku dengan kenaikan harga yang fantastis, dari yang naik 262% hingga naik 6.770%. 

KPKNL Pekalongan berhasil mencetak rekor tertinggi dalam meningkatkan nilai limit lelang, terutama pada lelang e-auction. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para Pejabat Lelang di KPKNL Pekalongan dan arahan Kepala KPKNL Pekalongan untuk meningkatkan frekuensi lelang melalui penggalian potensi lelang.

Marhaeni Rumiasih, Kepala KPKNL Pekalongan mengatakan bahwa lelang e-auction harus maksimal mendatangkan penerimaan bagi Negara. Semakin tinggi nilai barang yang laku, semakin tinggi pula PNBP yang dihasilkan.

Lelang harus dilakukan secara transparan. Peserta lelang harus mendapatkan perlakuan yang sama. Prinsip good corporate governance harus dikedepankan. Penggalian potensi harus selalu dilakukan”, ujar Marhaeni.

Fatkhulloh, Pejabat Lelang yang melaksanakan lelang tersebut menerangkan berbagai kelebihan menggunakan e-auction, terlebih pada era digitalisasi saat ini. Peserta lelang tidak perlu datang ke tempat lelang untuk melakukan lelang. Semua informasi mengenai kegiatan lelang dapat diakses menggunakan mobile phone atau komputer yang terhubung dengan internet.

Selain itu, lelang e-auction dengan mekanisme open bidding juga dapat mempengaruhi psikologis peserta lelang, sehingga harga lelang yang laku dapat meroket jauh dari harga limit. Pemohon lelang sampai kaget barang yang sudah dianggap rongsok masih mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Lelang e-auction selain dapat memberikan harga yang memuaskan kepada pemohon lelang, diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan penerimaan Negara bukan pajak (PNBP) bagi DJKN umumnya, dan KPKNL Pekalongan khususnya. (teks/foto :ema/penilaian-hi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini