Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ini Keuntungan Bekerja Sesuai Passion!
Siti Rokhayah
Selasa, 28 September 2021   |   262 kali

Sebagai Aparatur Sipil Negara Kementerian Keuangan, nilai-nilai Kementerian Keuangan sudah seharusnya menjadi pegangan dalam menjalankan kewajiban. Pelaksanaan tugas dan fungsi beriringan dengan nilai yang diyakini, sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

Profesionalisme, core value Kementerian Keuangan ini berada pada urutan kedua. Hal ini menunjukkan betapa penting kemampuan pegawai, khususnya kemampuan teknis dalam melayani para pengguna layanan dan masyarakat pada umumnya. Kemampuan teknis yang mumpuni diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik dan berujung pada kepuasan pengguna layanan dan reputasi yang baik bagi pegawai itu sendiri maupun bagi institusi.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan tugas dan fungsi yang beragam tentu menuntut para pegawainya memiliki kemampuan teknis yang beragam pula. Meskipun saat ini telah muncul Jabatan Fungsional untuk tugas dan fungsi tertentu, tetapi belum semua fungsi tersebut menjadi jabatan fungsional, sehingga tuntutan untuk memiliki kemampuan teknis yang beragam, tetap ada pada pegawai yang tidak menjadi Pejabat Fungsional.

Penulis hingga saat ini belum menentukan pilihan terhadap jabatan fungsional yang ada di DJKN. Hal ini karena sampai sejauh ini, penulis merasa belum pas dengan pilihan jabatan fungsional yang ada.

Pertimbangan penulis karena setelah bekerja selama 22 tahun di DJKN, penulis selalu berada di seksi pendukung (supporting unit) yaitu Sub Bagian Umum dan Seksi Hukum dan lnformasi. Menjadi pegawai pada supporting unit, yang memiliki tugas dan fungsi yang terfokus pada pemberian pelayanan kepada stakeholder internal menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis.

Dalam kurun waktu kurang lebih delapan tahun, pada dua unit vertikal berbeda, penulis berada pada seksi yang sama yaitu seksi Hukum dan lnformasi. Dalam seksi Hukum dan lnformasi terdapat empat tugas dan fungsi (tusi). Keempat tusi tersebut memiliki bidang keilmuan yang unik, berbeda satu dengan yang lain. Tusi tersebut yaitu penanganan perkara, kehumasan, TIK, dan bendahara penerima yang berkutat dengan transaksi penerimaan negara. Dari keempat tusi pada seksi Hukum dan lnformasi tersebut, penulis mendapatkan penugasan pada penanganan perkara dan sebagian kecil kehumasan.

Berbekal latar belakang pendidikan, diklat dan bimbingan teknis lainnya, penulis merasa bahwa tugas dan fungsi pada seksi Hukum dan lnformasi telah menjadi passion penulis.

Passion, renjana, rasa hati yang kuat, kadang akan muncul seketika, di awal interaksi. Namun, ia juga dapat ditumbuhkan, dengan kebiasaan dan ketekunan.

Menurut penulis, bekerja sesuai passion, membuat seseorang dalam bekerja lebih fokus dan kembali pada core value yang telah penulis singgung di atas yaitu, profesionalisme. Fokus, professional dan ditunjang dengan kemantapan hati merupakan tiga serangkai yang memberikan pengaruh terhadap kinerja pegawai. Kinerja baik dan berintegritas, sesuai dengan core value Kementerian Keuangan adalah dua hal yang saling mengisi. (Siti Rokhayah)

Sumber foto : thepalletpeopleshop.com


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini