Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Parepare > Kilas Peristiwa
Mewakili DJKN, Pegawai KPKNL Parepare turut hadir pada acara Launching Inisiatif Kepemimpinan Perempuan Kementerian Keuangan
Yayu Rezky Amalia
Rabu, 04 Agustus 2021   |   149 kali

Parepare – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, membuka dan meresmikan MoF Women Leadership Initiative atau Inisiatif Kepemimpinan Perempuan Kementerian Keuangan yang merupakan salah satu wujud Pengarusutamaan Gender (PUG) yang dilaksanakan secara virtual melalui Media Zoom serta ditayangkan melalui akun Youtube Kementerian Keuangan pada Jumat (30/7). Dalam kegiatan tersebut hadir pula Wakil Menteri Keuangan, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, yang dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan. Pada acara tersebut, terdapat tujuh pegawai perempuan Kementerian Keuangan yang berkesempatan berdialog secara langsung dan menyampaikan aspirasinya dengan jajaran pimpinan Kementerian Keuangan salah satunya adalah pegawai KPKNL Parepare, Desi Arianty.

 Sebagai pembuka acara diawali dengan welcoming remark yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Heru Pambudi. Dalam pembukaannya, Heru menyampaikan statistik jumlah Pegawai Kementerian Keuangan saat ini adalah 80.881 orang yang 31,66% diantaranya atau sebanyak 25.608 adalah perempuan. Pada Level pengambil keputusan atau Eselon IV ke atas, jumlah persentase pegawai perempuan yang menduduki jabatan tersebut termasuk yang menduduki jabatan fungsional adalah sebesar 18%.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Inisiatif Kepemimpinan Perempuan Kementerian Keuangan yang dilaksanakan secara seremonial oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan penayangan video dukungan kementerian keuangan terhadap pegawai perempuan sebagai implementasi dari pengarusutamaan gender. Tujuan dari Inisiatif Kepemimpinan Perempuan adalah untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan kebijakan publik di Kementerian Keuangan yang ditandai dengan lahirnya proporsi kepemimpinan perempuan di Kementerian Keuangan. Beberapa program yang akan dilaksanakan melalui regulasi, training, webinar, kompetisi, dan forum di bidang kepemimpinan.

Acara selanjutnya diisi dengan dialog interaktif antara Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, Inspektur Jenderal, dan tujuh perwakilan pegawai perempuan di Kementerian Keuangan. Desi Arianty, salah satu pegawai dari KPKNL Parepare yang mewakili Direktorat Jenderal Kekayaan Negara berkesempatan turut serta dalam dialog interaktif ini. Pada kesempatan tersebut, Desi menyampaikan bahwa launching Inisiatif Kepemimpinan Perempuan merupakan momen yang sangat bagus terutama kepada perempuan di Kementerian Keuangan karena adanya kesempatan untuk berkontribusi aktif untuk kemajuan organisasi dan diharapkan porsi pegawai perempuan sebagai pengambil keputusan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Desi juga menanyakan terkait motivasi, tips dan trik bagaimana bisa bekerja dengan passion terutama sebagai perempuan di Kementerian Keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi pertanyaan dan aspirasi pegawai perempuan sekaligus sharing mengenai pengalaman dan hal-hal apa saja yang harus menjadi perhatian dalam kepemimpinan oleh perempuan termasuk menjawab pertanyaan dari Desi mengenai motivasi dari bekerja dengan passion. Menurut Sri Mulyani, membersihkan pikiran dan perasaan, mengetahui apa yang paling penting dalam hidup apabila sebagai perempuan yang ingin berkontribusi, maka jadikanlah hal tersebut sebagai jangkar yang tidak mudah goyah dan tidak menjadikan pemikiran bahwa menjadi perempuan adalah sebuah beban. Sehingga ketika seorang perempuan berkarir dan berkeluarga, hal tersebut tidak menjadi stigma bahwa karir seorang perempuan akan menjadi sulit.

Acara dialog dilanjutkan pula dengan sharing oleh Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara dan yang menjadi penutup adalah sharing dari Inspektur Jenderal, Sumiyati, yang akan memasuki masa purnabakti.  Sumiyati merupakan salah satu contoh bagaimana perempuan dapat menjadi teladan dalam kepemimpinan di Kementerian Keuangan.


(Yayu Rezky Amalia – Seksi HI)


Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini