Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi Triwulan III, Kepala KPKNL Parepare: “Kita Maksimalkan Capaian di Triwulan Terakhir Ini”
Alvin Mahamidi
Senin, 11 Oktober 2021   |   128 kali

Parepare – (05/10) Dalam rangka menutup triwulan III 2021 KPKNL Parepare menyelenggarakan tiga rapat sekaligus. Rapat tersebut diantaranya adalah Dialog Kinerja Organisasi (DKO), Rapat Pemantauan Manajemen Risiko dan Rapat Pengendalian Internal. Rangkaian rapat diselenggarakan secara tatap muka di ruang rapat KPKNL Parepare dengan peserta terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rapat dibuka oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Dalam pembukaannya Fredy menyampaikan bahwa Rapat DKO kali ini adalah rapat DKO terakhir di tahun 2021. “Rapat DKO triwulan III ini adalah rapat DKO terakhir di tahun 2021 karena Rapat DKO berikutnya untuk triwulan IV diselenggarakan di bulan Januari 2022” ungkapnya.

            Memasuki agenda rapat pertama yaitu DKO, materi dibawakan oleh Sumiati, Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Dalam rapat DKO ini dipaparkan terkait capaian setiap seksi selama triwulan III. Mayoritas capaian IKU pada KPKNL Parepare telah tercapai target trajectory hingga triwulan III. “Untuk IKU Indeks Kualitas Pelaksanaan Anggaran masih kuning dan Presentase Penurunan Outstanding Piutang Negara masih merah” ungkap Sumiati menjelaskan terkait IKU yang masih belum tercapai realisasinya. Setelah penjelasan mengenai capaian, dibahas juga terkait rencana aksi masing masing seksi dan strategi untuk mencapai target triwulan berikutnya.

            Agenda berikutnya dilanjut dengan rapat pemantauan manajemen risiko. Masih disampaikan oleh pemateri yang sama dengan dibantu oleh Puspitasari staf Seksi Kepatuhan Internal, dijelaskan bahwa berdasarkan peta risiko KPKNL Parepare bahwa terdapat beberapa risiko yang berada di level risiko sangat tinggi pada triwulan III 2021 terutama risiko dari Seksi Piutang Negara. Dari masing masing seksi juga memberikan penjelasan mengenai penyebab dan mitigasi penanganan risiko-risiko tersebut diatas.

            Memasuki agenda terakhir, rapat terkait pengendalian internal dengan materi yang disampaikan oleh Puspitasari. Disampaikan bahwa terdapat 11 jenis layanan LHPPU Periode Januari s.d. September Tahun 2021. Selain itu, dipantau juga terkait kode etik dan sosial media para pegawai KPKNL Parepare.

Sebagai penutup Fredy menyampaikan bahwa di triwulan akhir ini kita harus maksimalkan kinerja kita ”ibarat lomba lari, kita harus lari sekencang mungkin saat mendekati garis finish” ungkap Fredy memberikan perumpamaan dalam mengejar realisasi di triwulan akhir.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini