Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kedai Lelang UMKM Jilid 2, KPKNL Parepare Selenggarakan Bincang Santai JUANG UMKM Bersama Pelaku UMKM di Kota Parepare
Alvin Mahamidi
Senin, 16 Agustus 2021   |   175 kali

Parepare – (13/08) KPKNL Parepare menyelenggarakan Bincang Santai JUANG UMKM (Jumat Lelang UMKM) bersama pelaku UMKM secara langsung dan disiarkan melalui zoom meeting. Kegiatan bincang santai tersebut diselenggarakan di ruang rapat KPKNL Parepare dengan peserta sangat terbatas dan tetap dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus covid-19.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Fredy menyampaikan bahwa kegiatan JUANG UMKM ini merupakan kegiatan yang rencananya diselenggarakan secara rutin dan telah dilaksanakan juga sebelumnya JUANG UMKM jilid pertama pada bulan Juli di Kabupaten Pinrang. “Pelaksanaan JUANG UMKM ini dilaksanakan juga untuk mengeksplorasi produk UMKM lokal di wilayah kerja KPKNL Parepare” ungkap Fredy.

Memasuki sesi bincang santai, kegiatan dimulai dengan dialog mengenai apa itu JUANG UMKM yang dijelaskan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Parepare, Andi Ahmad Rivai. Awal mula dicanangkan program JUANG UMKM adalah untuk menciptakan branding yang hanya ada di KPKNL Parepare. “bermula dari program Kedai Lelang UMKM yang dicanangkan Kantor Pusat DJKN, kami berusaha membuat branding sendiri untuk KPKNL Parepare supaya menciptakan kesan tersendiri dan unik” ungkapnya.

Berikutnya dibahas juga terkait serba serbi JUANG UMKM dan perbedaan mengenai jilid satu dan jilid dua. “sebagaimana diketahui, JUANG UMKM pada jilid pertama kami kerjasama dengan komunitas UMKM di Kabupaten Pinrang. Sedangkan pada jilid dua kali ini kami bekerjasama langsung dengan pelaku UMKM itu sendiri karena disini (Parepare) sepertinya belum ada komunitasnya” ungkap vai. Hal ini juga sesuai dengan amanat Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat, Ekka S. Sukadana pada saat pelaksanaan JUANG UMKM Jilid pertama. Beliau menyampaikan bahwa kedepannya KPKNL selaku perpanjangan tangan dari Kementerian Keuangan, akan lebih baik lagi jika menyentuh UMKM yang belum melek digital.

Berikutnya dilakukan dialog langsung dengan pelaku UMKM industri kreatif pembuat tas dari tali sepatu. Industri kreatif yang dimiliki oleh Bapak Muhammade dan Ibu Nahara ini merupakan salah satu industri kreatif yang ada di kota parepare. Dalam dialog tersebut dilakukan juga review produk yang dibawakan oleh MC acara kali ini, Widya Ayuningtyas. Kualitas produk dari UMKM ini tidak kalah dengan kualitas produk produk bermerk lainnya. “selain rumit dari segi pembuatannya, build quality produk ini juga tidak perlu diragukan lagi” ungkapnya.

Muhammade selaku pemilik industri kreatif ini menyampaikan bahwa UMKM ini mulanya didirikan setelah adanya pelatihan dari pemerintah. Kemudian pasangan suami istri tersebut menekuni hingga usahanya tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Kendala utama dari usaha ini yaitu penyediaan bahan yang seringkali tidak bisa ditemukan di Kota Parepare sehingga perlu dicarikan di Kota Makassar.

Di pertengahan kegiatan, turut hadir Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana. Beliau menyampaikan beberapa pesan terkait pelaksanaan JUANG UMKM kali ini. “kami turut bahagia dengan partisipasi para pelaku UMKM pada kegiatan kali ini karena ini juga merupakan pengabdian kami sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)” ungkap beliau.

Memasuki sesi terakhir, dilaksanakan lelang produk produk UMKM dari usaha Bapak Muhammade dan Ibu Nahara. Lelang dipimpin langsung oleh pelelang ahli pertama KPKNL Parepare, Hadri. Dalam pelaksanaannya Hadri sembari menjelaskan mengenai sistem lelang online pada website lelang.go.id. “”jika bapak ibu kedepannya mau mendaftarkan lelang lagi untuk produknya, bisa langsung kunjungi website kami di lelang.go.id atau bisa bertanya ke kami untuk dilakukan asistensi” ungkap Hadri. Keseluruhan produk yang dilelang laku semuanya dengan kenaikan 6

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini