Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Diselenggarakan Secara Daring, KPKNL Parepare Sosialisasikan Terkait Gratifikasi
Alvin Mahamidi
Selasa, 27 Juli 2021   |   158 kali

Parepare – (26/07) KPKNL Parepare menyelenggarakan sosialisasi terkait gratifikasi. Acara diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 mengingat melonjaknya kasus secara keseluruhan di Indonesia. Sosialisasi dibawakan oleh pelaksana Seksi Kepatuhan Internal, Cliff Joshua Martino Coutrier. Sebelum dimulai, acara dibuka oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Fredy menyampaikan dalam pembukaannya, sekaligus mengingatkan untuk seluruh pegawainya mengikuti e-learning PPG (Program Pengendalian Gratifikasi). “teman teman diharapkan mengikuti e-learning PPG ini, karena ini sifatnya wajib, yang belum bisa disegerakan.” Ungkapnya.

            Memasuki materi, Cliff menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan kewajiban bagi Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) dalam hal ini yaitu Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Parepare. Adapun sosialisasi yang dilaksanakan diamanatkan untuk disampaikan kepada pihak internal maupun eksternal. “Untuk saat ini dilaksanakan terlebih dahulu sosialisasi pada pihak internal KPKNL Parepare dahulu, kedepannya akan dilaksanakan dengan pihak eksternal juga” ungkapnya.

Dalam materinya, dijelaskan beberapa hal terkait gratifikasi diantaranya adalah dasar hukum gratifikasi, definisi dan bentuk gratifikasi, kriteria pihak yang terlibat, sanksi sanksinya, dan beberapa hal teknis lainnya. Dijelaskan juga terkait kategorisasi gratifikasi yang wajib dan tidak wajib dilaporkan. “jika ada pemberian dan bingung masuk kategori gratifikasi yang mana, lebih baik ditolak untuk lebih amannya” ungkap Cliff.

Sebagai penutup, acara ramah tamah dilaksanakan sekaligus sebagai perpisahan dengan pembawa materi, Cliff Joshua Martino Coutrier yang akan melaksanakan Tugas Belajar S2 mulai bulan Agustus 2021. Sembari menutup acara, Fredy selaku Kepala KPKNL Parepare menyampaikan pesan dan kesan mewakili seluruh Pegawai KPKNL Parepare.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini