Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menutup Capaian di Triwulan II, KPKNL Parepare selenggarakan Tiga Rapat Sekaligus, DKO, Manajemen Risiko, dan Pemantauan Internal
Alvin Mahamidi
Kamis, 08 Juli 2021   |   123 kali

Parepare – (07/07) KPKNL Parepare menyelenggarakan tiga rapat sekaligus dalam rangka menutup triwulan II 2021. Rapat tersebut diantaranya adalah Dialog Kinerja Organisasi (DKO) , Rapat Pemantauan Manajemen Risiko dan Rapat Pengendalian Internal. Rapat ini diselenggarakan secara tatap muka di ruang rapat KPKNL Parepare dengan peserta terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rapat diawali dengan pembukaan oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. “Pelaksanaan DKO ini merupakan kewajiban bagi setiap unit untuk dilaksanakan tiap awal triwulan” ungkapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan DKO kali ini sangat dibatasi pesertanya untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

            Memasuki agenda rapat, materi dibawakan oleh Cliff Joshua Martino Coutrier, Staf Seksi Kepatuhan Internal. Dalam rapat DKO ini dipaparkan terkait capaian setiap seksi selama triwulan II. Mayoritas capaian IKU pada KPKNL Parepare telah tercapai target trajectory hingga triwulan II. “meskipun sudah hijau (tercapai), IKU tersebut hanya sampai trajectory triwulan II, untuk capaian tahunan masih belum tercantum” jelas Cliff menyampaikan terkait rincian capaian IKU tersebut. Setelah penjelasan mengenai capaian, dibahas juga terkait rencana aksi masing masing seksi untuk mencapai target triwulan berikutnya.

            Agenda berikutnya membahas terkait pemantauan manajemen risiko. Masih disampaikan oleh pemateri yang sama, dijelaskan bahwa berdasarkan peta risiko KPKNL Parepare bahwa terdapat 4 (empat) risiko yang berada di level risiko sangat tinggi pada triwulan II 2021 yang terdapat pada Seksi PKN, Seksi Pelayanan Lelang, dan Seksi Piutang Negara. Dari masing masing seksi terkait juga memberikan penjelasan mengenai penyebab dan mitigasi penanganan risiko-risiko tersebut diatas.

            Memasuki agenda terakhir, rapat terkait pengendalian internal dengan materi yang disampaikan oleh Puspitasari, salah satu staf Seksi Kepatuhan Internal. Disampaikan bahwa terdapat 11 jenis layanan LHPPU Periode Januari s.d. Juni Tahun 2021. Dari seluruh jenis layanan tersebut, terdapat 1 ketidakpatuhan yang terjadi. “hal ini diharapkan tidak terjadi lagi dikemudian hari. Dihimbau kepada seluruh pemilik jenis layanan yang dipantau agar memperhatikan SOP layanan dan melengkapi dokumen yang menjadi catatan dari Seksi Kepatuhan Internal” ungkapnya. Selain terkait 11 jenis layanan dalam proses bisnis tersebut, dipantau juga terkait kode etik dan sosial media para pegawai KPKNL Parepare. Namun karena pemantauan tersebut bersifat rahasia sehingga hasil pemantauan tidak dapat disampaikan.

Sebagai penutup Fredy menyampaikan agar seluruh pegawai bijak dalam bermedia sosial, selalu menyaring berita dan tidak sembarangan menyebar kabar yang belum pasti kebenarannya. Terlebih dalam situasi pandemi yang semakin meningkat ini pegawai dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan terus menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini