Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Usung Tema Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya, KPKNL Parepare Selenggarakan FGD Pejabat Administrator Triwulan II Tahun 2021
Alvin Mahamidi
Senin, 28 Juni 2021   |   119 kali

Parepare – (22/06) Kepala KPKNL Parepare Fredy Himarwanto mengundang seluruh jajarannya dalam pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan II Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di ruang kerja lantai 2 KPKNL Parepare dengan diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Parepare secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

            FGD dilaksanakan dengan mengusung tema Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya. Materi dibawakan langsung oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Sebelum dimulai, dalam pembukaannya Fredy Menyampaikan bahwa tema yang dibawakan ini sesuai dengan FGD Preliminary yang dilaksanakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Keuagan. “FGD ini merupakan sarana perpanjangan tangan dari pimpinan tertinggi dalam menyampaikan kebijakan dari pusat hingga ke kantor-kantor vertikal” ungkapnya.

            Memasuki materi inti, Fredy menyampaikan terkait berbagai hal, yang pertama adalah terkait budaya Kementerian Keuangan dan Implementasinya. Disampaikan bahwa pemahaman pegawai atas nilai kemenkeu berdasarkan survei yang dilaksanakan pada tahun 2019 cukup baik. Untuk penguatan nilai nilai Kemenkeu inilah yang menjadi landasan dalam penerapan budaya Kemenkeu Satu. Prinsip dasar dari Kemenkeu Satu adalah untuk memaksimalkan kolaborasi sehingga tidak ada lagi sekat antar pegawai Kemenkeu sehingga tercipta ide-ide baru dan inovasi dalam mencapai visi bersama.

            Pembahasan berikutnya terkait IT Security Awareness. Materi ini disampaikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pada para pegawai akan pentingnya keamanan informasi digital. Selain tentang keamanan informasi, literasi digital juga ditekankan dalam pemaparan materi ini. “Sebagai pegawai Kementerian Keuangan sudah seharusnya kita selalu menyaring informasi yang kita terima, jika ada berita berita hoax yang kebenarannya belum pasti sebaiknya tidak dibagikan ulang untuk menghindari misinformasi lebih jauh” ungkap Fredy saat menjelaskan tentang pentingnya literasi digital.

Memasuki sesi akhir, tanya jawab, komentar serta tanggapan disampaikan oleh beberapa pegawai. Tanggapan yang disampaikan diantaranya dari Rachmat Eka Saputra, selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi menyampaikan bahwa program Join Domain untuk seluruh perangkat kedinasan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan IT security awareness. Berikutnya Arip Budiyanto selaku Kepala Seksi PKN, mengemukakan pendapatnya bahwa penggunaan e-dropbox kemenkeu perlu dimaksimalkan sehingga dapat memudahkan pekerjaan. Dan tanggapan terakhir disampaikan oleh Desi Ariyanti selaku pelaksana Seksi Piutang Negara yaitu perlunya membiasakan diri untuk menyimpan pekerjaan pada cloud.

Fredy menanggapi seluruh pendapat dari peserta FGD dengan lugas, dan di akhir sesi kegiatan Fredy Himarwanto menyampaikan kalimat penutupnya, “kami harap semua pegawai KPKNL Parepare menjadi pegawai yang unggulan dalam segala bidang”.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini