Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Laku Hampir 1 Milyar, KPKNL Parepare Kembali Bersinergi dengan Pemerintah Kota Parepare dalam Lelang Kendaraan
Alvin Mahamidi
Rabu, 23 Juni 2021   |   237 kali

Parepare – (17/06) KPKNL Parepare kembali bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dalam melelang kendaraan Barang Milik Daerah (BMD) yang dalam proses penghapusan. Lelang dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Juni 2021 bertempat di salah satu aula di Kantor Pemkot Parepare.

            Lelang dipimpin oleh pejabat lelang dari KPKNL Parepare yaitu Syarifuddin. Adapun pelaksanaan lelang tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.30 WITA dengan objek lelang sejumlah 13 lot scrap atau besi tua. Dan sesi kedua pada pukul 10.00 WITA dengan objek lelang sejumlah 30 lot kendaraan.

            Sebelum dilaksanakan lelang, rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan dari Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. “di KPKNL kami saat ini lelang sudah diselenggarakan 100% secara online melalui lelang.go.id sehingga seluruh lelang yang kami laksanakan transparan dan bisa diikuti oleh peserta dari manapun" ungkap Fredy dalam pembukaannya. Pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Parepare, Jamaluddin Achmad. “Kami sangat berterima kasih bisa bersinergi dengan KPKNL Parepare, kami harap ke depan dapat tetap bersinergi tidak hanya dalam hal lelang kendaraan BMD saja tapi juga lelang lain nantinya” ungkap beliau.

            Memasuki sesi lelang pertama, Syarifuddin membuka lelang tepat pada pukul 09.30 WITA. Lelang dilakukan secara closed bidding sehingga penawaran telah dilakukan oleh para peserta sebelum dibuka oleh pejabat lelang. Sembari menetapkan para pemenang lelang, syarifudin menjelaskan mekanisme dan perbedaan antara open bidding dan closed bidding. “pada lelang kali ini kita closed bidding ya bapak ibu, bedanya dengan open bidding disini adalah proses penawarannya, kalau open bidding peserta menawar bersaing secara terbuka pada durasi tertentu, sedangkan closed bidding peserta menawar sebelum pelaksanaan lelang dibuka oleh pejabat lelang seperti ini” ungkap syarif sembari melanjutkan proses penetapan pemenang lelang.

Pada sesi pertama lelang dari 13 Lot terjual laku seluruhnya dengan total nilai pokok lelang sejumlah Rp 424.749.761 dari nilai limit Rp 258.304.000. Berikutnya tanpa berlama lama pejabat lelang melanjutkan ke sesi kedua pelaksanaan lelang. Pada sesi kedua lelang dari 30 lot objek lelang berupa kendaraan terjual laku 24 lot dan 6 sisanya Tidak Ada Penawaran (TAP). Total laku terjual dengan pokok lelang sejumlah Rp 522.261.580 dari nilai limit Rp 495.919.000.

Mengakhiri kegiatan, Jamaluddin Achmad selaku Kepala BKD Pemkot Parepare menyampaikan apresiasinya terhadap KPKNL Parepare atas pelaksanaan kegiatan lelang ini. Beliau juga berharap kerjasama seperti ini terus terjalin. Untuk 6 lot lelang yang masih belum laku terjual direncanakan akan dilakukan lelang kembali sebelum berganti tahun.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini