Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi Triwulan I Tahun 2021, Tancap Gas Menyongsong Capaian Target Sepanjang 2021
Alvin Mahamidi
Rabu, 14 April 2021   |   134 kali

Parepare – (05/04) KPKNL Parepare melaksanakan agenda rangkaian rapat yang dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali. Rangkaian rapat tersebut antara lain adalah rapat Dialog Kinerja Organisasi, Evaluasi Pengendalian Internal, serta Rapat Pemantauan Mitigasi Risiko. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang lantai 2 KPKNL Parepare secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19.

            Rangkaian rapat dimulai dengan pelaksanaan rapat Dialog Kinerja Organisasi. Pada kesempatan ini, Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto turut menyampaikan arahannya. “Pelaksanaan DKO ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap triwulan, fungsinya adalah untuk mengevaluasi dan monitoring capaian kinerja” ungkap Fredy. Hasil dari rapat DKO ini adalah penyampaian hasil capaian kinerja IKU yang sebagian besar sudah berstatus hijau. Hal ini menunjukkan bahwa capaian IKU KPKNL Parepare sudah cukup baik pada triwulan I tahun 2021.

Memasuki agenda rapat berikutnya yaitu evaluasi terkait Pengendalian Internal. Adapun poin poin yang didapat dari hasil rapat evaluasi Pengendalian Internal yaitu Penjelasan dari Seksi Kepatuhan Internal bahwa hingga saat ini dari Seksi Kepatuhan Internal masih belum terdapat perangkat PPITA (Pemantauan Pengendalian Intern Tingkat Aktivitas), namun meskipun belum tersedia perangkatnya, pemantauan tetap dilaksanakan dan berjalan sesuai dengan pemantauan pada tahun sebelumnya. Selain pemantauan PPITA juga terdapat Pemantauan Kode Etik Pegawai. Adapun kode etik yang menjadi objek pemantauan periode semester I 2021 adalah kedisiplinan pegawai terhadap jam kerja. Selain itu terdapat juga pemantauan penugasan lainnya di luar RPT: Penilaian pengendalian intern atas Pelaporan keuangan, dan Review implementasi gerakan efisiensi

            Memasuki sesi terakhir, rapat dilanjutkan dengan pembahasan terkait pemantauan mitigasi risiko. Beberapa poin poin penting dalam rapat pemantauan mitigasi resiko diantaranya adalah jumlah risiko yang terdapat pada KPKNL Parepare terdapat 26 butir sesuai dengan yang telah disusun pada piagam risiko pada awal tahun. Adapun dari 26 risiko tersebut terdapat 4 risiko yang kategorinya cukup tinggi sehingga perlu dilakukan mitigasi pada triwulan berikutnya. Di akhir acara Fredy kembali menyampaikan bahwa dengan adanya evaluasi seperti ini diharapkan kinerja KPKNL Parepare bisa semakin meningkat pada triwulan triwulan berikutnya.

(Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini