Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala KPKNL Parepare: Ditengah Pandemi Kita Kejar Target Secara Extraordinary
Alvin Mahamidi
Kamis, 09 Juli 2020   |   235 kali

        Parepare – KPKNL Parepare menyelenggarakan tiga rapat  sebagai upaya monitoring dan evaluasi pencapaian kinerja Triwulan II Tahun 2020 yaitu mitigasi risiko, pemantauan pengendalian intern dan Dialog Kinerja Organisasi (DKO). Untuk rapat DKO dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto, sedangkan dua rapat lain dipimpin oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Sumiati. Rapat diselenggarakan secara tatap muka di ruang kerja lantai 2 KPKNL Parepare dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 pada hari Selasa (7/7). Secara umum, meskipun masih ada capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang merah dan kuning, capaian kinerja KPKNL Parepare pada Triwulan II 2020 sudah memenuhi target yang ditetapkan. Mitigasi risiko dan pengendalian internal yang dilakukan juga sudah berjalan cukup baik.

        Rapat dimulai pukul 09.00 WITA dengan agenda pertama yaitu rapat mitigasi risiko. Rapat dipimpin oleh Sumiati. Didasari atas penilaian yang dilakukan, risiko-risiko yang dikelola berada pada level rendah. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi terutama apabila terdapat risiko-risiko baru yang kiranya perlu dimitigasi dan perlu ditangani di periode berikutnya. Beranjak ke sesi berikutnya, rapat kedua membahas terkait Pengendalian Intern. Dalam rapat ini, dibahas terkait 9 proses bisnis yang dipantau oleh Seksi Kepatuhan Internal sebagai upaya pengendalian terhadap kepatuhan SOP Layanan. Dari 9 proses bisnis yang dipantau tersebut, ditarik kesimpulan bahwa secara umum tingkat kepatuhan dalam pelaksanaan proses bisnis pada KPKNL Parepare sudah 100%. Adapun bentuk pemantauan yang lain yang juga dilakukan Seksi Kepatuhan Internal juga antara lain Kode Etik dan APT. Laporan Hasil Pemantauan Kode Etik periode semester I 2020 pada KPKNL Parepare adalah 100%. Khusus untuk pemantauan Kode Etik sidak kedisiplinan pegawai dan pemantauan APT, pada triwulan II 2020 tidak dilaksanakan sehubungan dengan petunjuk pemantauan pengendalian intern di masa wabah pandemi COVID-19. Salah satu penyebabnya adalah ditutupnya layanan APT seluruh kantor vertikal DJKN secara tatap muka di masa pandemi ini.

        Agenda rapat terakhir yaitu DKO. Sesuai dengan petunjuk pelaksanaannya, rapat dibuka oleh pemilik peta organisasi, Fredy Himarwanto selaku Kepala KPKNL Parepare. Dalam pembukaannya, Fredy yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi ini turut menjelaskan terkait sistematika DKO sebagai informasi tambahan kepada seluruh peserta rapat. Beliau juga mengingatkan kepada seluruh peserta rapat bahwa dengan adanya DKO ini, diharapkan bisa menjadi sarana evaluasi terhadap capaian IKU. “Dengan adanya pandemi COVID-19 ini, kita harus bekerja secara extraordinary dalam upaya pencapaian target” tambah beliau. Hal ini dikarenakan meski ditengah kondisi krisis seperti saat ini, target IKU tidak semakin berkurang. Lebih lanjut, pembahasan materi utama DKO kembali dibawakan oleh Sumiati selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Poin penting dari rapat DKO yaitu 60% IKU sudah berstatus hijau karena sudah mencapai/ melewati target Triwulan II, 10% berstatus kuning, 10% berstatus merah dan sisanya berstatus abu-abu. Status abu-abu terjadi karena trajectory target dan capaian IKU tersebut belum tersedia di periode triwulan II. Disampaikan pula bahwa IKU yang belum mencapai target diharapkan dapat dikejar pada periode berikutnya sehingga dapat berstatus hijau semua. Sembari menutup acara, Sumiati berharap dengan adanya DKO ini kedepannya bisa menjadi bahan evaluasi dalam mencapai target di triwulan III.

(Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini