Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala KPKNL Parepare: Kebijakan Keuangan Negara di Masa Pandemi
Alvin Mahamidi
Rabu, 17 Juni 2020   |   629 kali

Parepare - Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto mengundang seluruh jajarannya untuk mengikuti Focus Group Discussion (FGD) melalui Zoom Virtual Meeting pada hari Senin (15/6). Virtual meeting dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 karena keterbatasan tempat bila dilakukan melalui pertemuan tatap muka. “Sebagai insan Kementerian Keuangan, kita harus tahu dengan perkembangan ekonomi saat ini” ujarnya saat pembukaan FGD. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap triwulan, dan tema pada FGD kali ini terkait dengan kebijakan keuangan negara dan sektor keuangan sebagai crisis relief dalam penanganan Pandemi COVID-19.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WITA diawali dengan overview kegiatan yang dilaksanakan, pembahasan kebijakan keuangan Negara, dan terakhir disusul kebijakan sektor keuangan. Terkait dengan permasalahan ini, Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Menjadi Undang-Undang.

Lebih lanjut, Fredy juga menjelaskan mengenai kebijakan yang dilakukan di sektor keuangan di mana secara umum kebijakan ini dilakukan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan yang terdiri dari Kementerian Keuangan, OJK, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan. Inti pembahasannya adalah terkait dampak pandemi COVID-19, respon sektor keuangan global, respon sektor keuangan domestik, dan kinerja sektor keuangan pada tahun 2020 Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi singkat dimana salah satu peserta, Syarifuddin menyampaikan mengenai perkembangan APBN terkini.

Di penghujung acara, Fredy berpesan kepada seluruh jajarannya untuk tetap bekerja dengan semangat dan menjaga capaian target semaksimal mungkin, namun tetap menjalankan protokol kesehatan. “Jangan lupa tetap berolah raga” ungkapnya sambil menutup acara agar seluruh pegawai tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di masa pandemi ini.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini