Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menggali Potensi Lelang, KPKNL Parepare Jalin Sinergi dengan Pemerintah Kota Parepare
Alvin Mahamidi
Rabu, 26 Februari 2020   |   149 kali

Parepare -  Rabu (19/1) Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto, didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, dan Staf Seksi Pelayanan Penilaian, mengunjungi Badan Keuangan Daerah Kota Parepare. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas surat penggalian potensi lelang pada Pemerintah Kota Parepare. Jajaran KPKNL Parepare diterima langsung oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Parepare, Jamaluddin Achmad, beserta jajaran. Beberapa agenda hal dibicarakan dalam kunjungan tersebut antara lain terkait dengan rencana permohonan lelang Pemerintah Kota Parepare dan penilaian aset daerah. Dalam pembukaannya, Jamal memberikan sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi karena sinergi ini dapat memberikan angin segar dalam proses pelaksanaan tata kelola yang baik di Pemerintahan Kota Parepare, khususnya terkait pengelolaan aset daerah. 

Pada kunjungan tersebut, Fredy menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan suatu kunjungan awal terkait dengan potensi sinergi yang dapat dilakukan antara Pemerintah Kota Parepare dan KPKNL Parepare. “Lelang di KPKNL semua sudah dilakukan melalui sistem”, ujar Fredy saat menginformasikan mengenai pelaksanaan lelang di KPKNL Parepare. Pelaksanaan lelang dilakukan melalui internet dengan cara terbuka (open bidding) maupun tertutup (closed bidding), dimana tidak diperlukan kehadiran peserta pada saat pelaksanaan lelang. Disampaikan pula bahwa dalam hal diperlukan informasi mengenai lelang secara komprehensif, KPKNL Parepare siap membantu untuk memberikan sosialisasi terkait lelang apalagi permohonan lelang nantinya dapat dilakukan secara online. Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Andi Rivai, menambahkan bahwa KPKNL juga telah melakukan beberapa kali lelang dengan Pemerintah Daerah yang berada dalam wilayah kerjanya antara lain Pemerintah Kabupaten Pinrang dan Pemerintah Kabupaten Sidrap.

Selanjutnya, jajaran Pemerintah Kota Parepare juga mendiskusikan mengenai proses penilaian aset daerah, khususnya terkait dengan aset yang sudah tidak digunakan dan akan dihapus. Fredy menjelaskan bahwa secara prinsip permohonan penilaian tersebut dapat diusulkan oleh Pemerintah Kota Parepare kepada KPKNL Parepare. Hal ini juga diamini oleh staf penilai, Marten, yang menginformasikan bahwa saat ini KPKNL Parepare tengah melakukan penilaian aset Pemerintah Kabupaten Wajo sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan dilakukan pada Pemerintah Kota Parepare.

Di akhir diskusi, Jamal mengharapkan agar komunikasi antar jajaran di Pemerintah Kota Parepare dan KPKNL dapat dilakukan dengan baik dan intens, di mana dalam waktu dekat terdapat permohonan lelang dan tidak terlepas kemungkinan permohonan bantuan penilaian aset daerah. Kunjungan tersebut kemudian ditutup dengan pelaksanaan foto bersama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini