Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Parepare menjadi Tuan Rumah Focus Group DIscussion Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar
Rachmat Eka Saputra
Senin, 18 November 2019   |   149 kali

KPKNL Parepare menjadi tuan rumah penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil Sulseltrabar) pada tanggal 6-7 November 2019. Pada kesempatan tersebut, selain tuan rumah, seluruh perwakilan KPKNL yang berada di bawah pembinaan Kanwil Sulseltrabar, turut berpartisipasi dalam kegiatan FGD tersebut yaitu KPKNL Makassar, KPKNL Palopo, KPKNL Kendari, dan KPKNL Mamuju. Kepala Bidang KIHI, Adi Suharna, menyampaikan bahwa kegiatan FGD dilakukan dalam rangka koordinasi, pembinaan dan juga saling mengenal antara unit kerja bidang KIHI di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar mengingat Adi baru menjabat di posisi tersebut kurang dari enam bulan. Adi menyampaikan tagline “melangkah lebih pasti” dalam kegiatan tersebut yang memiliki makna bahwa dengan FGD tersebut Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan lebih baik. Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto selaku tuan rumah mengungkapkan bahwa kegiatan FGD kiranya dapat dilaksanakan secara periodik, misalnya dilaksanakan di awal tahun.  

Selanjutnya, kegiatan FGD dibagi menjadi tiga bahasan utama yaitu untuk Seksi Kepatuhan Internal, Seksi Hukum, dan Seksi Informasi. Pelaksanaan FGD untuk Seksi Kepatuhan Internal dan Seksi Hukum dilaksanakan pada tanggal 6 November 2019, sedangkan Seksi Informasi dilakukan pada tanggal 7 November 2019. FGD yang dilakukan di tiap seksi sangat intensif dengan mendiskusikan isu-isu terkini, langkah-langkah dalam pelaksanaan tindak lanjut yang diperlukan serta contoh pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilakukan pada unit lain sehingga dapat menambah wawasan unit lain yang belum mengalami pengalaman serupa. Di samping itu, Kanwil juga mereviu IKU seksi terkait terhadap capaian kinerja dan tindak lanjut yang diperlukan.

Setelah FGD tiap seksi selesai, dilakukan pemaparan untuk mereviu pelaksanaan FGD tiap seksi termasuk diskusi atas hasil pelaksanaannya. Kasi HI KPKNL Parepare, Eka, dalam diskusi tersebut menyampaikan bahwa FGD merupakan wadah yang sangat baik untuk koordinasi dan kolaborasi dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi. Terakhir, dalam penutupannya, Adi menyampaikan bahwa FGD ini merupakan awalan yang baik dalam rangka koordinasi bidang KIHI di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar. Adi mengharapkan agar kerja sama, sinergi, dan kinerja seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar dapat melangkah pasti untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Ke depan, kegiatan FGD dimungkinkan dapat dilakukan di KPKNL lain sehingga seluruh pegawai bidang KIHI dapat saling mengenal lebih baik lagi. (teks: RES/foto: Misran/Fuad)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini