Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang: Inovasi Tanpa Henti
Palisuri
Selasa, 12 Desember 2017   |   219 kali

Parepare - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare menggelar sosialisasi lelang yang bertajuk “Lelang: Inovasi Tanpa Henti”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula KPKNL Parepare pada Senin (11/12/2017) dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari Lembaga Keuangan, baik Perbankan maupun Non Perbankan serta Kejaksaan Negeri di Wilayah Kerja KPKNL Parepare. Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk dialog interaktif yang membahas PMK Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan tata cara pelaksanaan lelang melalui e-auction.

Kepala KPKNL Parepare, I Nyoman Suparta, membuka acara sosialisasi lelang dengan menyampaikan hal-hal umum seputar lelang dan target capaian lelang KPKNL Parepare. Selain itu, Nyoman juga memaparkan permasalahan-permasalahan terkait lelang yang sering terjadi di lapangan seperti perbedaan data yang dituangkan di dalam Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) dengan data pada Sertipikat Hak Atas Tanah. Permasalahan ini tentu berujung pada batalnya pelaksanaan lelang.

Memasuki acara inti sosialisasi, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Sutriadi memaparkan penyempurnaan peraturan pada PMK Nomor 27/PMK.06/2016. Lebih lanjut, Sutriadi meyakinkan bahwa lelang DJKN akan terus melakukan inovasi sehingga lelang dapat menjadi sarana utama jual-beli yang terpercaya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah lelang e-conventional. Pada dasarnya, lelang e-conventional merupakan jenis penawaran lelang dengan kehadiran peserta. Perbedaannya adalah adanya inovasi yang dilakukan yaitu dengan menggunakan virtual account sebagai sistem pembayarannya (penyetoran dan pengembalian uang jaminan) dan peserta lelang mendaftar pada situs lelang DJKN.

Pada sesi kedua, Azis Setiawan Nugroho, Pelaksana pada Seksi Pelayanan Lelang, menjelaskan materi terkait lelang melalui e-auction­. “Pembuatan akun e-auction itu semudah membuat akun seperti di Facebook atau Twitter, ujarnya.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan. Nantinya, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja sekaligus pelayanan lelang yang diberikan oleh KPKNL Parepare. (daily:HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini