Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkal Pinang > Kilas Peristiwa
Sinergi Untuk Negeri, Tuntaskan Revaluasi BMN Berkualitas
Dwinanto
Rabu, 14 Maret 2018   |   187 kali

Pangkal Pinang – KPKNL Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Soft Competency atau biasa dikenal dengan In House Training (IHT) pada Selasa (09/3) mengambil tempat Halaman Kantor dan Aula Lantai 3 KPKNL Pangkalpinang.  Kegiatan rutin Kepegawaian Sekretariat DJKN kali ini  mengambil tema “ Revaluasi BMN Tuntas Berkualitas”. Hadir sebagai motivator dalam kegiatan IHT tersebut salah seorang dosen dari PPSDM Bambang Kismanto, asisten dari Pusdiklat Pengembangan SDM, Irfan N serta Kasubag Pengembangan Sekretariat DJKN, Neil Efriyano Prayoga.

Kepala KPKNL Pangkalpinang, Miftahul Huda, pada sambutannya berharap in house training bertajuk lokakarya peningkatan soft competency dapat meningkatkan kualitas SDM di KPKNL Pangkalpinang. Huda menyampaikan SDM merupakan pondasi utama organisasi harus terus dijaga kualitas dan kompetensinya. Semakin hebat dan semakin kompeten SDM yang dimiliki KPKNL Pangkalpinang, tentu akan semakin meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi. Pada akhir sambutan, Huda menyambut baik kegiatan ini dan berpesan kepada seluruh pegawai untuk mengikuti kegiatan dengan penuh kesungguhan dan mengambil manfaat sebanyak mungkin dari materi yang diberikan narasumber.

Pada bagian kegiatan outdoor, Trainer Soft Competency, Bambang Kiswanto mengajak peserta bermain games yang syarat dengan makna ujian kekompakan dan kerja sama team work. Mulai dari permainan mengukur jarak, permainan memecahkan kasus bersama, permainan memindahkan kelereng berbaris antar tim dengan tantangan menjepit balon, sampai dengan permainan memindahkan air dengan ketangkasan.

Game-game diikuti oleh semua peserta dengan penuh antusias. Game-game ini diadakan bukan tanpa makna atau hanya sekedar main-main saja. Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari game-game tersebut, diantaranya game memecahkan kasus dengan cara diskusi kelompok. Game ini memberi pelajaran kita dalam menghadapi masalah dalam sebuah tim dituntut untuk kompak dan  tidak memaksakan pendapat pribadi. Ada juga game mengambil kelereng dengan membentuk formasi berbaris dan berjalan bersama. Dalam permainan ini harus saling bersinergi dan kompak untuk meraih tujuan tim (bersama). Disamping itu juga masih ada game lain yang mengajarkan kepada para peserta untuk bekerja jujur, saling kerja sama dan percaya satu sama lain. Selanjutnya kegiatan outdoor diakhiri makan bersama-sama anggota tim dengan kondisi mata tertutup, untuk mengukur kekompakan tim dalam suka duka. Maksud dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mengajarkan kepada para peserta agar dapat melayani para stakeholder dengan baik.

Selanjutnya, kegiatan indoor  dilakukan di Aula Lantai 3 KPKNL Pangkalpinang, Bambang menyampaikan materi tentang hal-hal yang mendasari dalam berkomunikasi. Pria yang sebelumnya berkarier di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara ini menyampaikan beberapa pelajaran sederhana untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal tersebut antara lain, berlomba-lomba mengumpulkan ucapan terima kasih dari orang lain. “Tolonglah orang lain dengan hal-hal yang sederhana, mereka akan berterima kasih dan selalu mengingat kita,” pesan Bambang.

Sebelumnya, Bambang meminta para peserta sesuai dengan kelompoknya untuk dapat menceritakan pengalaman, kesan dan pesan dalam mengikuti game tersebut. Sesi berikutnya, beliau menginstrusikan peserta harus berpasang – pasangan dan melakukan dialog tetapi salah satu peserta harus mendengar saja cerita dari pasangannya selama 3 menit dan begitu juga sebaliknya. Maknanya adalah bahwa sebagai pendengar kita harus sabar dan tetap mendengarkan hingga orang yang berbicara tersebut selesai, baru kita dapat menanggapi. Ditambahkan oleh Bambang,  bahwa dalam komunikasi, kita harus menggunakan kata–kata positif untuk mendapat informasi atau mendapatkan solusi pada saat negosiasi” pungkas Bambang setelah kegiatan komunikasi dilakukan.

Kegiatan IHT ditutup dengan pemaparan Kasubag Pengembangan Sekretariat DJKN, Neil Efriyano Prayoga yang menyampaikan tujuan pengembangan soft competency, program manajemen talenta untuk beasiswa, kapita-selekta kepegawaian, dan current issue kepegawaian 2018. Acara hari ini diakhiri dengan foto bersama Kepala Kantor dan seluruh peserta lokakarya  serta fasilitator dari Pusdiklat PPSDM-BPPK.

(Humas KPKNL Pangkalpinang).


Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini