Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menggelorakan Semangat “Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya” Melalui FGD Triwulan II Tahun 2021
Intan Fitri Ardinasari
Rabu, 23 Juni 2021   |   288 kali

Pangkalpinang- Selasa, 22 Juni 2021 KPKNL Pangkalpinang mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan II Tahun 2021 dengan tema "Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang secara daring mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kegiatan tersebut dibuka dengan penjelasan dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Eddy Susanto yang menyampaikan bahwa kegiatan FGD tersebut dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan pemahaman/persepsi pegawai Kementerian Keuangan terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan pimpinan serta untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-3/MK.1/2020 mengenai Pelaksanaan FGD di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Selanjutnya Plt. Kepala KPKNL Pangkalpinang, Nasrul Amin memaparkan materi tentang "Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya” dari Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Heru Pambudi. Nasrul menyampaikan bahwa Menteri Keuangan telah memberikan arahan terkait budaya Kementerian Keuangan di berbagai kesempatan, maka dari itu diharapkan setiap pegawai Kementerian Keuangan dapat meningkatkan implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan di kehidupan sehari-hari. Terdapat lima prinsip dasar dalam mendukung Kemenkeu Satu, yaitu tidak menghilangkan kewenangan, bekerja sama untuk tumbuh bersama-sama, kolaborasi fungsi, prosedur dan TIK, standardisasi layanan, 5 standardisasi sikap/perilaku, dan memonitor capaian visi Kemenkeu. Nasrul juga menjelaskan bahwa terdapat 7 (tujuh) Inisiatif Strategis Kemenkeu Satu, yaitu Penguatan Budaya dan SDM Kementerian Keuangan: Refocusing Sinergi dan Integritas, Penguatan Kolaborasi Pengembangan dan Pengelolaan TIK, Kolaborasi Pengelolaan Aset dan Efisiensi Tata Ruang Kantor, Regulasi dan Advokasi yang Optimal, Penguatan Kolaborasi Pengelolaan Komunikasi, Penguatan Kolaborasi Manajemen Keuangan serta Manajemen Kinerja Kementerian Keuangan, dan Simplifikasi Proses Bisnis dan Transformasi Organisasi. Untuk mencapai tujuan Kemenkeu Satu, terdapat empat kunci sukses yang dapat dilakukan oleh masing-masing satuan kerja, yaitu rasa memiliki program kemenkeu satu, dukungan dan teladan pimpinan, terbuka terhadap aspirasi pegawai, dan monitoring dan evaluasi.

Materi kedua, yaitu tentang IT Security Awareness dengan beberapa poin pokok, yaitu Tujuan dan Prinsip IT Security, Mengapa Perlu IT Security Awareness, Penerapan Keamanan Informasi, dan Ancaman Keamanan Informasi. Diharapkan dengan pemaparan materi tersebut, semua pegawai dapat memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab mereka terkait keamanan informasi. Sebagai materi pamungkas, Nasrul memaparkan materi terkait Joint Program Optimalisasi Penerimaan yang dilakukan oleh DJP, DJBC, dan DJA untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara meningkatkan kredibilitas dan efektifitas APBN serta meningkatkan efisiensi layanan publik sehingga meningkatkan daya saing nasional.

Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi terkait materi yang telah disampaikan oleh Nasrul. Diharapkan dengan acara FGD tersebut, pegawai KPKNL Pangkalpinang makin memahami dan meningkatkan implementasi budaya Kementerian Keuangan serta mengetahui arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan pimpinan. (Seksi Hukum dan Informasi)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini