Pangkalpinang,
Senin 15 Maret 2021 KPKNL Pangkalpinang menerima kunjungan Kepala Kantor
Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB), Surya Hadi
bersama Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kantor Wilayah DJKN SJB,
M. Syukur. Kesempatan tersebut merupakan kali pertama bagi Surya untuk
mengunjungi KPKNL Pangkalpinang setelah mengemban amanah sebagai Kepala Kantor
Wilayah DJKN SJB.
Pada hari
pertama, Kepala Kantor Wilayah DJKN SJB yang baru saja dilantik pada bulan Februari
tersebut melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang yang
bertempat di Aula KPKNL Pangkalpinang dengan tetap menerapkan protokol
kesehatan pencegahan Covid-19. Sebagai pembuka acara, Kepala KPKNL
Pangkalpinang, Sugeng Aprito Lestariadi menyampaikan profil KPKNL Pangkalpinang
melalui video dan paparan terkait capaian KPKNL Pangkalpinang. Sugeng juga
memperkenalkan setiap pegawai di KPKNL Pangkalpinang kepada Surya secara
singkat.
Selanjutnya
Surya menyampaikan beberapa hal strategis yang dapat dirangkum menjadi 7
(tujuh) poin penting. Poin pertama adalah setiap pegawai harus berpegang teguh
pada nilai-nilai Kementerian Keuangan. Menurutnya, Integritas sebagai nilai
pertama pada Kemenkeu Values
merupakan pondasi yang wajib dimiliki setiap individu. Poin kedua, yaitu pegawai
KPKNL diharapkan tidak hanya pintar, namun juga cerdas. Setiap pegawai yang
cerdas akan lebih mudah memecahkan masalah karena memiliki sisi kreatif dan
inovatif.
Yang ketiga,
yaitu Surya berharap setiap individu di KPKNL Pangkalpinang dapat menjadi
pribadi yang unggul, terdepan, dan terampil. Poin keempat terkait
kepemimpinan, yaitu setiap individu merupakan seorang pemimpin, minimal menjadi
pemimpin pada diri sendiri untuk bergerak ke arah yang lebih baik. Selanjutnya,
Surya berharap KPKNL Pangkalpinang dapat melaksanakan program kerja dengan
memperhatikan tiga hal, yaitu perencanaan yang matang dengan mitigasi risiko,
implementasi yang konsisten dan persisten, serta mengevaluasi program kerja
secara berkesinambungan untuk mencapai kesempurnaan.
Poin keenam,
yaitu setiap pekerjaan harus disusun dengan goals yang jelas, sehingga pegawai
terbiasa dengan pola pikir yang visioner. Poin pamungkas, yaitu harapan Surya
kepada KPKNL Pangkalpinang untuk bersiap menjadi satuan kerja yang berpredikat
Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan menjadi kantor pelayanan
terbaik. Diharapkan dengan pembinaan tersebut, pegawai KPKNL Pangkalpinang
makin bersemangat dalam menghadapi segala tantangan dan amanah yang diberikan
oleh organisasi. (Seksi Hukum dan Informasi)