Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
The Quality of Human Resources : Kunci Keberhasilan Kinerja Organisasi Pelayanan Publik
Melfriani Amelia Simanjuntak
Selasa, 17 Maret 2020   |   451 kali

Pangkalpinang, Kamis (12/03/2020), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang mengundang PT BRI Persero Tbk Cab. Pangkalpinang untuk memberikan Knowledge Sharing mengenai Pelayanan Prima kepada seluruh pegawai. Acara yang dilaksanakan di Aula KPKNL Pangkalpinang ini merupakan salah satu kegiatan KPKNL Pangkalpinang dalam membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Kegiatan di buka oleh Sugeng Aprito Lestariadi, Kepala KPKNL Pangkalpinang, dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Tedi Agustian, Asisten Manager Operasional PT BRI Persero Tbk Cab. Pangkalpinang.

Tedi mengatakan,”Pelayanan yang diberikan harus memenuhi standar yang berkualitas untuk memenuhi harapan dan kepuasan customer”. Dalam pelayanan yang berkualitas tersebut dibangun dari empat elemen penting, yaitu People, Premises, Process, dan Product. Elemen pertama yaitu People, memiliki maksud bagaimana memaksimalkan skill, sikap, penampilan dan personal touch dari masing masing pegawai. Elemen kedua Premises, yaitu bagaimana standar penampilan, standar kebersihan, dan standar kenyamanan kantor. Elemen ketiga Process, yaitu menekankan pada pekerjaan harus dilakukan dengan cepat, akurat, serta aman, dan yang terakhir elemen keempat, Product menjelaskan bahwa output yang dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mendukung keempat elemen tersebut, Tedi juga menyampaikan konsep dasar pelayanan dan standar pelayanan yang diterapkan di Bank BRI. Konsep dasar pelayanan pada Bank BRI dikenal dengan BEDU (Basic, Expected, Desired, Unanticipated). Sedangkan dalam standar pelayanan tersebut memuat apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh petugas pelayanan, termasuk diantaranya bagaimana penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta bagaimana menangani situasi yang sulit dengan TUNTAS, yaitu dengan Tenang, Upayakan Menyimak permasalahan tersebut, Nyatakan Maaf dan Pengertian, Telusuri permasalahan tersebut, Ajukan solusi, dan Selesaikan dengan positif. Harapannya, dengan menerapkan elemen dan standar yang ada, petugas pelayanan memiliki Performance, Personality, dan Credibility yang baik di situasi apapun dengan berfokus pada kepuasan stakeholder.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para pegawai KPKNL Pangkalpinang berharap dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan dapat melaksanakan pelayanan dengan sepenuh hati dan berorientasi kepada kepuasan pengguna jasa. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini